Ada Kereta Gurindam di Museum Tanjungpinang

CNN Indonesia | Kamis, 25/06/2020 13:55 WIB
kereta wisata Museum SSBA di Tanjungpinang Kereta Gurindam di Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah. (ANTARAFOTO/Ogen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Turis yang mengunjungi Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, kini bisa sekaligus menaiki kereta wisata gratis.

Kereta wisata yang bernama Gurindam ini merupakan gabungan wisata museum dengan wisata warisan Kota Lama.

"Tinggal duduk cantik di kereta wisata wisatawan akan mendapatkan cerita utuh tentang sejarah perkembangan Tanjungpinang," kata Kepala Disbudpar Tanjungpinang, Surjadi, seperti yng dikutip dari Antara pada Kamis (25/6).


Atraksi wisata ini disuguhkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjungpinang dalam rangka pembukaan kembali menuju tatanan baru di tengah pandemi virus corona.

"Konsep wisata ini merupakan upaya untuk memulihkan kembali pariwisata di Tanjungpinang yang menurun imbas pandemi COVID-19 yang dialami hampir seluruh dunia," ujar Surjadi.

Sebelum naik Kereta Gurindam, pengunjung diajak berkeliling museum terlebih dahulu.

Setelah itu, pengunjung melanjutkan tripnya dengan menelusuri warisan Kota Lama menggunakan kereta wisata.

Dalam trip wisata itu, lanjut Surjadi, pengunjung wajib menaati seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Dimulai dari pemeriksaan suhu tubuh, kewajiban mencuci tangan, pengaturan antre dan tunggu, serta petugas yang menggunakan perlengkapan sesuai standar protokol kesehatan," jelasnya.

Kepala UPTD Museum Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah Tanjungpinang, Iza Silvia, menjelaskan kalau wisata gabungan ini hanya dapat dinikmati pengunjung hanya di hari Sabtu dan Minggu, dengan catatan pemesanan tempat sehari sebelumnya.

"Di hari-hari yang lain, pengunjung hanya menikmati wisata museum seperti biasa. Semua fasilitas yang diberikan, gratis dan tidak berbayar," imbuhnya.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]