4 Tips Menggali Potensi Diri di Masa Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 07:45 WIB
Ilustrasi menulis di atas buku Ilustrasi. Potensi diri bisa menjadi jalan yang menuntun Anda menemukan karier yang tepat. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masa karantina mandiri akibat pandemi Covid-19 menjadi waktu bagi banyak orang untuk menggali potensi diri yang terpendam. Sejumlah tips menggali potensi diri berikut dapat membantu Anda dalam berkarier.

Setiap orang pasti memiliki potensi dalam diri yang saling berbeda satu sama lain. Dengan mengenali potensi diri, hidup bisa jadi lebih berkembang dalam mencapai apa pun yang diinginkan.

Potensi diri juga bisa menjadi jalan utama yang menuntun Anda untuk menemukan karier yang tepat.


Psikolog Rumah Dandelion Nadya Pramesrani membagikan beberapa tips menggali potensi diri dalam webinar bersama HiLo, beberapa waktu lalu, seperti berikut.

1. Memulai

Temui potensi diri Anda dengan langkah memulai. Mulai-lah dari hal terkecil sekali pun. Jika dikelola dengan baik, hal-hal paling sepele sekali pun bisa menjadi sesuatu yang berharga.

"Mulai-lah dengan barang apa saja yang ada di rumah. Mulai dari yang pertama terlintas di kepala. Mulai dari apa pun yang ditemukan di media sosial. Pokoknya, mulai aja," kata Nadya.

2. Mencoba

Setelah memulai dan menemukan ide menarik, coba praktikkan dalam beberapa kali. Pasalnya, seseorang akan mendapat pembelajaran dan kemampuan evaluasi yang lebih kaya tentang kemampuan diri sendiri setelah melewati beberapa kali pengalaman.

"Jangan sampai baru nyoba sekali, gagal, terus malas enggak dicoba lagi," kata Nadya.

3. Beri penilaian

Pada tahap ini, seseorang diminta untuk berpikir reflektif. Berpikir reflektif berarti menghadirkan makna dan evaluasi terhadap apa pun yang baru dicoba untuk dilakukan.

Nadya juga menyarankan Anda untuk mengidentifikasi semua emosi yang hadir dan memahami apa yang membuat emosi-emosi tersebut muncul.

"Kalau ternyata Anda merasa nyaman, cari jawabannya kenapa. Begitu pula kalau rasanya tidak nyaman, kenali alasannya," tambah Nadya.

4. Ulangi

Jika ternyata Anda menyukai apa yang dilakukan, maka ulangi terus. Lakukan pengulangan dan eksplorasi potensi Anda hingga terus berkembang.

"Kalau ternyata enggak suka, ulangi lagi, mencari yang lain sampai menemukan yang nyaman," kata Nadya.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK