3 Resep Gampang Olahan Sehat Gandum

Grab, CNN Indonesia | Minggu, 28/06/2020 20:47 WIB
ilustrasi telur orak-arik. Ilustrasi orak-arik telur gandum. (Foto: Istockphoto/DianaLundin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Oat merupakan makanan berbahan dasar gandum yang kaya karbohidrat kompleks. Oat cocok disantap sebagai makanan para penderita diabetes dan mereka yang sedang berdiet.

Manfaat oat lainnya, antara lain menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung dan hati. Namun tak dapat dipungkiri oat bisa terasa begitu membosankan di lidah. Perlu sedikit taktik untuk mengolah oat agar lezat dan memberi pengalaman menyenangkan, sembari tetap menjaga pola hidup sehat.

1. Sup krim jagung gandum


Sup krim nikmat disajikan sebagai sarapan, atau makan malam. Pertama, tumis bawang bombay dengan minyak zaitun hingga layu. Lalu tambahkan daun salam, daun bawang, pipilan jagung manis, aduk sebentar.

Masukkan kaldu dan susu, tunggu sampai mendidih, kemudian tambahkan oat dan masak hingga matang, serta singkirkan daun salam agar tak termakan. Olahan tersebut bisa diblender untuk mendapat tekstur yang lebih lembut.

2. Orak-arik telur gandum

Resep satu ini bisa jadi menu makanan berat, bisa juga disantap sebagai camilan sehat. Kocok telur dalam wadah, campurkan garam dan merica sesuai selera, serta 45 gram oat. Goreng telur sambil diaduk-aduk, sajikan.

Sebagai penyedap, potongan seledri dan daun bawang dapat jadi pilihan. Agar lebih kenyang dan menyehatkan, campurkan juga tahu yang sudah dihaluskan.

Ilustrasi Buah StrawberryIlustrasi buah strawberry. (Foto: condesign/Pixabay)

3. Strawberry gandum saus karamel

Menu terakhir ini merupakan santapan manis yang tepat dijadikan camilan. Siapkan 70 gram oat, buah strawberry yang dicincang kasar, gula palem, dan air.

Saus karamel dibuat dengan mencairkan gula palem dalam 25 ml air. Tambahkan buah strawberry, masak hingga lunak. Di tempat terpisah, rebus oat. Setelah matang, tuang oat dalam mangkuk, tambahkan strawberry serta karamel, dan nikmati.

Bahan-bahan untuk ketiga resep di atas seluruhnya bisa didapatkan tanpa keluar rumah. Manfaatkan saja layanan GrabMart. Anda akan memperoleh bahan-bahan yang segar, karena pasokan langsung dari para petani modern dan pemasok lokal.

(rea)