Survei: Kencani Pria Lebih Muda, Wanita Merasa Lebih Bahagia

tim, CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 19:03 WIB
Young couple in love, at the riverside, with a red balloon Ada beberapa alasan mengapa wanita yang berkencan dengan pria yang lebih muda bisa merasa lebih bahagia dan puas. (Istockphoto/Tijana87)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika ditanya apa kriteria pria idaman, rata-rata wanita akan menjawab lebih tua. Setidaknya 1-3 tahun lebih tua. Perihal usia lebih tua ini dianggap ideal dalam segala hal, termasuk kematangan dan kemapanan.

Namun menurut studi kecil yang dilakukan pakar hubungan dan psikologi Justin Lehmiller, wanita yang berkencan dengan pria yang jauh lebih muda dari mereka cenderung merasa lebih bahagia dan puas.

Mengutip Bright Side, Lehmiller melakukan survei terhadap 200 orang wanita, termasuk yang berpacaran dengan pria yang lebih muda dari mereka, lebih tua, dan seumuran.


Sebagai hasilnya, wanita yang menjalin hubungan dengan pria 10 tahun lebih muda adalah pasangan yang paling bahagia. Mereka juga diklaim lebih berkomitmen pada hubungannya dibandingkan dengan wanita yang berpacaran dengan pria lebih tua atau yang seumuran.

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, fakta membuktikan ada beberapa pasangan yang terpaut usia jauh dengan pria lebih muda bisa hidup bahagia. Terkait hal tersebut, Lehmiller juga mengemukakan alasannya mengapa wanita merasa nyaman berkencan dengan pria muda dan sebaliknya.

Salah satu alasannya adalah karena wanita merasa punya banyak ruang untuk kesetaraan dan berekspresi. Selain itu, penelitian juga menambahkan bahwa mencintai dan memuaskan wanita yang lebih tua bisa membuat pria juga bahagia. Pakar lain menambahkan bahwa pasangan ini memiliki kompatibilitas yang lebih baik, kedewasaan, dan bahkan bisa menjadi orang tua yang lebih baik.

Dalam urusan seksual, wanita yang memiliki pasangan yang lebih muda juga lebih memiliki kendali. Tak cuma soal posisi dominan, tapi banyak pria suka wanita yang kuat dan dominan. Mereka cenderung melihat wanita yang lebih tua memiliki karakteristik tersebut.

(chs)

[Gambas:Video CNN]