Hari Keluarga, BKKBN dan GenRe Berkolaborasi untuk Remaja

BKKBN, CNN Indonesia | Senin, 29/06/2020 17:46 WIB
BKKBN (iklan) Acara Road to Hari Keluarga Nasional Ke-27 yang diadakan CNNIndonesia, Sabtu (27/6). (Foto: Dok.BKKBN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berupaya memberi edukasi dan informasi kepada para remaja Indonesia dengan mengadakan Program Generasi yang Punya Rencana, alias GenRe yang merupakan singkatan dari Generasi Berencana.

Melansir situs GenreIndonesia, disebutkan bahwa Program GenRe dikembangkan dalam rangka menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan perencanaan jenjang pendidikan, berkarier dalam pekerjaan, sampai menikah sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Teliana Juwita yang dipercaya sebagai Duta GenRe 2019 mengatakan, tugasnya adalah menjadi figur panutan untuk remaja lain agar memiliki perencanaan kehidupan berkeluarga.


"Sebelum berkeluarga kan banyak step-step yang harus dilalui, misalnya merencanakan pendidikan kayak gimana, lalu berkarier," kata Teliana dalam acara Road to Hari Keluarga Nasional Ke-27 yang diadakan CNNIndonesia, Sabtu (27/6).

Menurut Teliana, ada tiga hal yang tak bakal ditoleransi oleh GenRe. Ketiga hal itu adalah seks pranikah, pernikahan dini, dan narkoba. Ia menegaskan agar seseorang tak melakukan seks pranikah karena memiliki banyak risiko, seperti terpapar HIV atau penyakit seksual lainnya.

Sementara pernikahan dini harus dihindari karena dapat berdampak pada kesehatan reproduksi. Selain itu, banyak hal lain yang harus dipersiapkan, seperti mental dan finansial, serta menyamakan visi dan misi.

Tujuannya, agar kelak remaja bisa melewati lima transisi kehidupan dengan baik. Transisi tersebut meliputi yaitu melanjutkan sekolah, mencari pekerjaan, memulai kehidupan berkeluarga, menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat, dan mempraktekkan hidup sehat.

Memperingati Hari Keluarga ke-27 pada 29 Juni 2020, Teliana mengungkapkan bahwa GenRe menyelenggarakan Festival GenRe. Festival itu mencakup program Tentang Kita, kampanye 2125 Keren, serta kompetisi menyanyikan ulang lagu Berencana itu Keren yang dibawakan oleh Prilly Latuconsina.

"GenRe berkontribusi lewat Festival GenRe. Rangkaian acaranya tuh ada banyak banget. Yang pertama adalah workshop launching program yang namanya Tentang Kita yang benar-benar tentang remaja, tentang tubuh, perasaan. Dan 2125 Keren adalah program yang diluncurkan juga oleh GenRe dan BKKBN untuk mengkomunikasikan, juga campaign, bahwa usia ideal menikah tuh minimal 21 supaya sudah siap untuk perempuan, dan 25 untuk laki-laki," ujar Teliana.

Dalam acara yang sama, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan pihaknya kini menyasar para remaja. Ia menyebut program dan rencana pelayanan kepada masyarakat akan berganti seiring perubahan fokus yang membidik remaja dan generasi muda di bawah 40 tahun.

"Sekarang kita [BKKBN] tugasnya kependudukan, Keluarga Berencana, kesehatan reproduksi, pembangunan remaja. Jadi yang akan kita tekankan pada remaja, yaitu kesehatan reproduksi dan pembangunan keluarga," ungkap Hasto.

(rea)