5 Kegunaan Baking Soda untuk Kecantikan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 20:40 WIB
Spoonful of baking soda and glass of water Ilustrasi. Tak hanya digunakan untuk membuat kue, baking soda juga punya segudang manfaat untuk kecantikan. (Istockphoto/Getty Images/eskaylim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Baking soda tak hanya berguna untuk membuat kue agar jadi lebih nikmat. Baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Terdapat sejumlah kegunaan tak terduga dari baking soda untuk kecantikan.

Baking soda merupakan senyawa kimia yang dengan nama natrium bikarbonat. Senyawa ini masuk dalam kelompok garam.

Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk perawatan kulit dan kecantikan. Berikut 5 kegunaan baking soda untuk kecantikan.


1. Pembersih gigi

Baking soda dapat digunakan untuk memutihkan gigi, membersihkan gigi, dan menghilangkan plak.

Dikutip dari WebMD, sebagai pembersih gigi, celupkan sikat gigi basa ke dalam bubuk baking soda. Lalu, sikat-lah gigi seperti biasa.

Baking soda juga bisa menjadi obat kumur untuk menjaga kebersihan mulut. Campurkan 1 sdt baking soda dengan setengah gelas air dan kumur-kumur menggunakan campuran tersebut.

2. Deodoran

Baking soda juga bisa digunakan sebagai deodoran. Baking soda dapat menetralkan molekul berbau asam atau basa.

Anda dapat membuat deodoran baking soda dengan mencampurkan baking soda dengan minyak kelapa dan minyak esensial.

3. Mengatasi iritasi kulit

Soda kue juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi kulit seperti timbulnya gatal dan kemerahan akibat sengatan nyamuk atau serangga.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda dan air dengan perbandingan 3:1. Lalu, oleskan racikan tersebut pada kulit dan biarkan selama 20 menit. Kemudian, cuci hingga bersih.

4. Scrub wajah

Soda kue juga bersifat abrasif. Oleh karena itu, ia bisa digunakan sebagai pembersih wajah yang lembut.

Cara menggunakan baking soda sebagai scrub wajah adalah dengan meracik 3:1 baking soda dan air. Lalu, gosokkan campuran ke wajah dan bilas dengan air.

5. Membersihkan rambut

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan rambut dari berbagai bahan kimia. Cukup campurkan 1 sdt soda kue dengan sampo saat keramas, lalu bilas hingga bersih.

Rambut bakal jadi lebih bersih dan mudah diatur.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]