5 Cara Alami Cegah Keriput

Tim, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 08:16 WIB
Ilustrasi wajah keriput. Ilustrasi. Keriput menjadi salah satu tanda penuaan di kulit. Anda dapat mencegah kulit keriput dengan beberapa cara alami berikut. (iStockphoto/millann)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keriput atau kerutan halus di wajah merupakan salah satu tanda penuaan di kulit. Namun, Anda dapat mencegah kulit keriput dengan sejumlah cara alami.

Selain faktor pertambahan usia, keriput juga muncul karena sejumlah faktor seperti makanan dan kebiasaan. Faktor-faktor eksternal itu dapat mempercepat munculnya keriput. Untuk mencegah keriput secara alami, hindari faktor-faktor tersebut.

Berikut cara alami mencegah keriput.


1. Perawatan kulit dasar

Perhatikan kesehatan kulit dengan memberikan perawatan kulit yang optimal. Penuhi kebutuhan kulit akan hidrasi dan kelembapan. Nutrisi ini penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Hindari pula paparan sinar matahari. Pasalnya, sinar ultraviolet (UV) merupakan salah satu faktor yang mempercepat penuaan. Selain matahari, merokok juga dapat merusak sel kulit. Oleh karena itu, hindari rokok agar kulit tetap mulus.

2. Tidur terlentang

Kebiasaan yang dapat merusak kulit dan mempercepat penuaan adalah tidur miring dan tidur tengkurap. Tidur miring menyebabkan kerutan di pipi dan dagu, sedangkan tidur tengkurap dapat menimbulkan kerutan di dahi karena cenderung mengerutkan alis.

Oleh karena itu, posisi tidur yang baik untuk mencegah kerutan adalah dengan tidur terlentang.

3. Makan ikan berlemak

Konsumsi ikan berlemak atau ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Kandungan ini baik untuk menjaga kulit cerah, elastis, dan mencegah kerutan.

Beberapa contoh ikan berlemak adalah salmon, sarden, dan makerel.

4. Perbanyak vitamin C

Dikutip dari WebMD, studi menunjukkan, konsumsi vitamin C dapat meningkatkan jumlah kolagen di kulit yang baik untuk mencegah keriput.

Vitamin C juga melindungi kulit dari sinar UV dan membantu mengurangi kemerahan serta bintik-bintik gelap.

Vitamin C bisa didapatkan dari banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.

5. Menggunakan kacang kedelai

Kacang kedelai juga memiliki khasiat tinggi untuk mencegah kerutan di kulit. Studi menunjukkan, kedelai yang dioleskan pada kulit atau dikonsumsi dapat membantu melindungi dan menyembuhkan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kedelai juga membantu struktur dan kekencangan kulit terjaga.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]