Mengenal Masker Transparan N99 yang Baru Disetujui FDA

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 10:17 WIB
Leaf Mask Ilustrasi: Redcliffe Medical menyebut produk masker transparan N99 buatan mereka ini bukan hanya menjanjikan perlindungan melainkan juga kenyamanan bernapas. (Foto: Screenshot via web Leaf.Healthcare)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai salah satu alat pelindung diri di tengah pandemi virus corona ini, masker bukan saja dituntut untuk efektif menangkal 'benda asing' yang masuk ke tubuh melainkan juga nyaman. Redcliffe Medical mengklaim masker transparan N99 yang dikembangkan menawarkan paket komplet tersebut.

Masker yang dinamakan 'Leaf Mask' ini disebut mampu memberikan perlindungan dari debu, polusi, mikroba atau apapun lainnya yang mungkin ada di udara. Pelindung hidung dan mulut tersebut diklaim sebagai masker pertama di dunia yang penggunaannya disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).


Daya filter Leaf Mask disebut bisa menyaring 99,9997% dari partikel 0,3 mikron. Kendati begitu, permukaan masker justru didesain memudahkan orang bernapas karena memiliki ventilasi aktif.

"Berkat desain permukaan dari HEPA Filters, Leaf membuat dua kali lebih mudah bernapas dibandingkan dengan masker kain pada umumnya," demikian ditulis di laman Leaf Mask.

Masker ini juga dilengkapi dengan karbon aktif sehingga memastikan karbondioksida tak menumpuk dan berpotensi dihirup penggunanya.

Infografis Serba-Serbi Masker Kain: Bahan, Aturan Pakai, Lepas, dan CuciFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Serba-Serbi Masker Kain: Bahan, Aturan Pakai, Lepas, dan Cuci

Selain itu, Leaf Mask ini juga transparan memperlihatkan mulut dan hidung penggunanya. Sehingga senyum atau gerak bibir pun masih bisa terlihat karena permukaan masker yang transparan.

Bahan masker ini berasal dari silikon medis yang memungkinkan penggunaan jangka panjang.

"Leaf Mask dirancang dari bahan kelas optik yang 100 persen lunak, tapi kokoh dan bisa didaur ulang. Desain lengkapnya mengkombinasikan penggabungan pelbagai bahan optik sehingga menciptakan kecocokan sempurna pada wajah Anda," tulis Redcliffe Medical yang berbasis di Detroit tersebut.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]