Desainer Pencipta Logo Ikonik 'I Love NY' Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 13:30 WIB
Desainer grafis pencipta logo ikonik 'I love NY' Milton Glaser meninggal dunia pada usia 91 tahun. Desainer grafis pencipta logo ikonik 'I love NY' Milton Glaser meninggal dunia pada usia 91 tahun. ( istockphoto/jbk_photography)
Jakarta, CNN Indonesia --

"I ♥ NY" atau i love kota dan negara lainnya sudah berkembang menjadi salah satu tulisan populer untuk oleh-oleh dari seluruh dunia.

Namun desainer grafis terkenal di balik logo i love NY, Milton Glaser tersebut meninggal dunia pada 26 Juni 2020. Glaser meninggal tepat di hari ulang tahunnya yang ke-91. Hal ini dimuat dalam New York Magazine. Istrinya, Shirley Glaser, mengatakan kepada The New York Times bahwa penyebab kematiannya adalah stroke dan dia juga menderita gagal ginjal.

"Atas nama keluarga New York, pikiran saya bersama orang-orang terkasih Milton hari ini, terutama istrinya Shirley. Kami kehilangan seorang desainer yang brilian dan orang New York yang hebat," kata Gubernur New York Andrew Cuomo dalam sebuah pernyataan kepada CNN.


"Karya Milton Glaser ada di mana-mana: dalam logo di supermarket Anda, pada poster yang Anda lihat dari trotoar, dan dalam identitas New York sendiri," editor editor New York Magazine dalam sebuah pernyataan.

(FILES) In this file photo taken on October 13, 2010 Graphic designer Milton Glaser attends the 2010 National Design Awards Gala at Cipriani 42nd Street in New York City. - If you like American pop culture you certainly know his work, even if you don't know his name: graphic designer Milton Glaser, known for his wildly popular Desainer Milton Glasser meninggal dunia pada 26 Juni 2020 lalu. (AFP/GARY GERSHOFF)

"Belum lagi di layar Anda dan di kotak surat Anda, di logo sampul yang ia buat untuk edisi pertama New York Magazine: Sangat awet, sehingga kami masih menggunakannya 52 tahun kemudian. Sebagian besar DNA majalah kami menyandikan ide-ide Milton, visual kecerdasan, dan kepekaan New York. Kami sedih mendengar bahwa ia pergi - tetapi betapa besar karya dan hidupnya yang dia jalani."

Glaser lahir pada 26 Juni 1929. Dia memulai karier desainnya di New York City's Cooper Union for the Advancement of Science and Art. Dia kemudian meluncurkan Push Pin Studios pada 1954 dengen beberapa mantan teman sekelasnya.

Pada 1968, Glaser mendirikan New York Magazine dengan Clay Felker, dan menjabat sebagai presiden dan direktur desain hingga 1977.

Hanya saja nama Glaser terkenal karena merancang logo I love NY yang ikonik dengan lambang hati di tengahnya. Ikon ini diciptakan di 1977 untuk mempromosikan pariwisata di New York di tengah serentetan kejahatan kota, pemadaman listrik, dan kesulitan ekonomi yang luas.

Sebenarnya konsep ini dibuat dengan tergesa-gesa dengan hati berwarna merah di amplop kertas. Sketsa ini sekarang menjadi bagian dari koleksi permanen Museum Seni Metropolitan.

Sebelum itu, Glaser juga mendapat pujian karena desain poster psikedelik untuk album Greatest Hits karya Bob Dylan.

(chs)

[Gambas:Video CNN]