BKKBN Gelar Festival GenRe Peringati Hari Keluarga Nasional

BKKBN, CNN Indonesia | Selasa, 30/06/2020 19:01 WIB
BKKBN (iklan) Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-27 oleh BKKBN. (Foto: BKKBN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Generasi Berencana (GenRe) memiliki cara tersendiri dalam memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27 yang jatuh pada 29 Juni 2020. Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang menyasar remaja secara khusus itu menggelar sebuah festival.

Bernama Festival GenRe, kegiatan terdiri atas serangkaian acara seperti workshop online bertajuk Tentang Kita bagi 3.000 Pendidik Sebaya (PS), kompetisi nyanyi lagu tema Berencana itu Keren, kampanye 2125 Keren, hingga program Keluarga Bantu Keluarga, dan launching rebranding BKKN dan Kartu Anggota GenRe.

Duta GenRe 2019 Teliana Juwita mengatakan, workshop Tentang Kita sepenuhnya ditujukan untuk para remaja, sementara kampanye 2125 Keren merupakan pengingat usia ideal seseorang.


"GenRe berkontribusi lewat Festival GenRe. Rangkaian acaranya tuh ada banyak banget. Yang pertama adalah workshop launching program yang namanya Tentang Kita yang benar-benar tentang remaja, tentang tubuh, perasaan. Dan 2125 Keren adalah program yang diluncurkan juga oleh GenRe dan BKKBN untuk mengkomunikasikan, juga campaign, bahwa usia ideal menikah tuh minimal 21 supaya sudah siap untuk perempuan, dan 25 untuk laki-laki," ujar Teliana dalam acara Road to Hari Keluarga Nasional Ke-27 yang diadakan CNNIndonesia, Sabtu (27/6).

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), M.Yani menjelaskan, workshop diharapkan dapat menguatkan kembali tentang peran Pendidik Sebaya dalam menghidupkan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), serta sebagai upaya penyegaran dan peningkatan keterampilan PS dalam menyampaikan materi dengan memanfaatkan berbagai platform dan teknologi pendukung pembelajaran daring.

Hal itu sejalan dengan misi kampanye 2125 Keren yang diviralkan lewat akun-akun media sosial BKKBN, GenRe, serta masing-masing influencer dan micro influencer mulai 25 Juni sampai 5 Juli 2020. Kampanye bertujuan untuk mengurangi kasus pernikahan dini dengan mempromosikan usia ideal menikah bagi remaja.

Sementara, upaya penyebarluasan lagu BKKBN bertajuk Berencana itu Keren yang dibawakan oleh aktris Prilly Latuconsina dilakukan dengan mengadakan lomba covering. Lebih menarik, lagu harus dialih bahasa ke dalam bahasa daerah. Lomba dibuka untuk semua remaja Indonesia melalui platform YouTube dan Instagram.

Acara dalam Festival GenRe lainnya, adalah Keluarga Bantu Keluarga yang merupakan gerakan dari para remaja seluruh Indonesia untuk meringankan beban mereka yang kurang mampu di masa pandemi. Gerakan itu lantas jadi viral, terlebih dengan peredaran video-video Keluarga Bantu Keluarga yang dibuat sekreatif mungkin.

Terakhir, adalah pemberian Kartu Anggota GenRe secara simbolis dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo kepada Duta GenRe Indonesia 2019 Teliana Juwita. Kartu tersebut dapat digunakan dengan manfaat layaknya e-money menggunakan Kartu Brizzi yang dikeluarkan oleh BRI.

(rea)