Menimbang Efektivitas Berenang untuk Menurunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/07/2020 10:20 WIB
Ilustrasi Berenang Ilustrasi: Berenang yang menggerakkan seluruh bagian mulai dari kaki, tangan hingga inti akan mengaktivasi seluruh tubuh sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. (Foto: lyingmonkey/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berenang menjadi salah satu olahraga yang diakui memberikan banyak manfaat. Sebab bukan hanya memberikan latihan kardio melainkan juga melatih kekuatan lantaran mengharuskan setiap bagian tubuh untuk bergerak.

Kendati, di tengah pandemi virus corona ini aktivitas berenang di kolam publik menjadi isu tersendiri.



Namun terlepas dari itu menurut pelatih renang senior dan bersertifikat, Kris Gagne, berenang menjadi latihan kardiovaskular terbaik yang bisa dilakukan lintas usia.

"Meskipun berenang tampaknya relatif keras dan kadang-kadang menakutkan, tapi ini adalah salah satu latihan kardiovaskular terbaik yang bisa dilakukan segala usia," kata Kris Gagne dikutip dari Women's Health.

Ia menambahkan, renang juga merupakan latihan aerobik yang bisa membantu memperkuat otot jantung dan sendi. "Karena air akan mendukung 90 persen dari berat tubuh Anda," jelas Kris Gagne.

Ketika berenang maka setiap bagian mulai dari lengan, kaki, dan inti tubuh akan bekerja sama. Karena aktivitas seluruh tubuh itu lah menurut Gagne, berenang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Weighloss- Low section of a young on a weighing scaleIlustrasi: Aktivitas berenang yang menggerakkan setiap mulai dari tangan, kaki hingga inti akan mengaktifkan seluruh tubuh sehingga membantu penurunan berat badan. (Foto: Istockphoto/Urilux)

Sebuah studi Universitas Harvard memperkirakan bahwa orang dengan berat badan 125 pound yang berenang gaya bebas atau kupu-kupu selama 30 menit akan membakar 330 kalori. Sementara jika menggunakan gaya punggung, akan membakar 240 kalori.

Karena itu Gagne menyarankan, bagi siapapun yang tertarik memasukkan renang dalam rutinitas usaha menurunkan berat badan, setidaknya melakukannya selama 30 menit setiap tiga kali sepekan. Ia merekomendasikan, untuk pemula sebaiknya lebih banyak menggunakan gaya dada karena menurutnya menawarkan lebih banyak manfaat dibanding teknik lainnya.

Setelah empat pekan, Anda bisa memeriksa apakah tubuh Anda nyaman berenang selama 30 menit. Setelah itu kemudian baru Anda bisa memutuskan apakah akan meningkatkan kecepatan atau durasi ataukah sebaliknya.

Namun begitu, berenang bukan faktor tunggal yang menentukan penurunan berat badan Anda. Sangat penting untuk menggabungkan rutinitas berenang dengan diet sehat dan mengatur kalori Anda. Ingat pula, konsumsi makanan yang tepat juga bisa meningkatkan energi Anda untuk menyokong rutinitas berolahraga.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]