7 Trik Agar Rambut Cepat Panjang

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 06:20 WIB
Ilustrasi Rambut Lurus Ilustrasi: American Academy of Dermatology memperkirakan setiap bulannya rambut hanya tumbuh rata-rata 1,27 centimeter. Tapi ada beberapa trik agar rambut cepat panjang. (Foto: JKModel/morgueFile)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keputusan untuk membiarkan rambut tumbuh panjang dinilai lebih memerlukan kesabaran dibanding memangkas rambut. Anda tidak bisa mengharapkan rambut bertambah panjang hanya dalam waktu semalam.

Melansir dari Healthline, American Academy of Dermatology mengungkap bahwa rambut tumbuh rata-rata sepanjang 1,27 centimeter per bulan.

Akan tetapi, Anda bisa mengerahkan berbagai trik untuk mendukung pertumbuhan rambut. Melansir dari Boldsky, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.


1. Trim secara teratur

Trimming atau memotong ujung rambut secara teratur mungkin berlawanan dengan tujuan memanjangkan rambut. Namun dengan memotong ujung rambut, Anda justru membuatnya tumbuh lebih cepat.

Sebab Anda akan membuang bagian rambut yang rusak, termasuk rambut bercabang. Ketika mengeliminasi kerusakan itulah, rambut tidak akan sulit tumbuh.

2. Cuci rambut dengan tepat

Demi rambut cepat panjang, akar rambut jadi bagian yang musti mendapat banyak perhatian dan nutrisi. Sampo dan kebiasaan keramas jelas bakal mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Pilih sampo yang sesuai kebutuhan dan jenis rambut. Sampo sebaiknya memiliki kandungan antibakteri dari bahan alami. Sampo bakal menjaga kulit kepala bersih dan bebas dari bakteri. Kemudian saat keramas, pastikan Anda memijat kulit kepala agar manfaat dan nutrisi sampo sampai hingga ke akar rambut. Bilas rambut dengan air dingin atau air suam-suam kuku.

Sebisa mungkin hindari menggunakan air panas karena bisa mengikis kelembapan alami rambut dan memicu produksi minyak berlebih pada kulit kepala.

Hal lain yang perlu diperhatikan, tetapkan jadwal keramas. Sebaiknya keramas cukup 2-3 kali seminggu atau beri jarak 2-3 hari tiap keramas.

3. Gunakan kondisioner (conditioner)

Portrait of women which wash hair in a beauty salon.Hairdresser washing hair.Ilustrasi: Untuk mendapatkan rambut panjang dan kuat, keramas saja tak cukup, Anda harus menggunakan kondisioner untuk melindungi rambut. (Foto: Istockphoto/Ivanko_Brnjakovic)

Keramas saja tidak cukup. Jika Anda ingin rambut kuat dan panjang, sebaiknya gunakan kondisioner usai keramas. Kondisioner bakal memberikan lapisan pelindung buat rambut dan mencegah dari kerusakan akibat faktor lingkungan seperti kotoran, debu dan polusi.

Tak hanya itu, kondisioner juga menambah kelembapan pada helai rambut. Rambut pun cepat panjang, kuat dan lembut.

4. Hindari membungkus rambut dengan handuk

Setelah keramas, biasanya orang membungkus rambut dengan handuk. Sebenarnya ini salah satu kesalahan besar yang mulai sekarang musti dihindari. saat basah, rambut sangat lemah dan rentan. Membungkus rambut dengan handuk menimbulkan tarikan sehingga membuat kondisi rambut lebih buruk dan cepat rontok.

Sebaiknya gunakan handuk lembut untuk memeras rambut hingga kandungan air berkurang. Setelah itu biarkan rambut mengering dengan sendirinya. Tidak perlu buru-buru menyisir rambut jika masih basah atau Anda hanya akan membuatnya cepat rusak.

5. Aplikasikan minyak

Berikan perhatian lebih pada kulit kepala dengan menggunakan minyak (hot hair oil). Minyak akan menutrisi dan menstimulasi pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan minyak kelapa (virgin coconut oil) atau minyak castor.

Pijat pada kulit kepala seminggu sekali. Diamkan selama satu jam atau selama semalam lalu cuci rambut seperti biasa.

6. Hindari bleaching dan pewarnaan

Infografis Plus Minus Bleaching RambutFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Infografis Plus Minus Bleaching Rambut

Gonta-ganti warna rambut kerap jadi eksperimen yang menggoda. Proses pewarnaan rambut tak jarang memerlukan bleaching untuk menetralisir warna rambut alami dan menonjolkan warna pilihan.

Perlu jadi catatan, jika ingin rambut cepat panjang, proses seperti ini sebaiknya dihindari. Bahan kimia pada bleaching bisa merusak akar rambut. Rambut bisa kehilangan kekuatannya sehingga pertumbuhannya terganggu.

7. Rehat dari catokan

Agar tidak tampak membosankan, styling atau memberikan rambut sentuhan berbeda selalu menyenangkan semisal diluruskan atau dibuat agak berombak.

Styling memerlukan alat yang menimbulkan panas dan merusak rambut. Sebaiknya Anda sejenak rehat dari alat-alat pemanas untuk membuat rambut lebih bergaya. Disarankan untuk memilih styling tanpa menggunakan alat pemanas.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]