3 Cara Agar CV Lamaran Kerja Menarik Perhatian HRD

tim | CNN Indonesia
Jumat, 10 Jul 2020 11:40 WIB
A blank curriculum vitae format with a pen and spectacle Mencari kerja memang tak mudah, bahkan bisa membuat sedikit stres. Belum lagi saat pandemi virus corona seperti saat ini, mencari kerja jadi lebih sulit. (Istock/Manjurul)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mencari kerja memang tak mudah, bahkan bisa membuat sedikit stres. Belum lagi saat pandemi virus corona seperti saat ini, mencari kerja jadi lebih sulit. Ini saatnya perbaharui cv dan surat lamaran kerja Anda agar lebih menarik. 

Bukan cuma para lulusan baru, tapi di saat pandemi ada banyak orang yang kehilangan pekerjaan akibat PHK. Akibatnya perjuangan untuk mencari pekerjaan baru makin sulit dan banyak pesaing.

Berikut beberapa tips untuk mencari pekerjaan baru Anda dari rumah dan membuat cv semenarik mungkin agar dilirik HRD calon kantor baru.

1. Bangun keterampilan Anda

Group Of Business team meeting working and brainstorming new business projectFoto: Istockphoto/SARINYAPINNGAM
Tambahkan pengalaman dan juga kemampuan Anda melalui pelatihan online

Di masa pandemi ini, ada beberapa keuntungan yang bisa dimanfaatkan. Banyak sumber daya pelajaran online yang gratis untuk meningkatkan skill dan keterampilan Anda. Buatlah diri Anda agar lebih 'menjual' dengan mempelajari atau mengembangkan keterampilan dan mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan.

"Lalu, taruh pelatihan itu di CV Anda. Bahkan jika mereka tidak memiliki proses sertifikasi formal, itu masih menjadi hal besar untuk mengatakan Anda bersedia menginvestasikan jumlah waktu dan membangun keterampilan itu dalam diri Anda," kata Julie Kratz, pendiri Next Pivot Point, sebuah organisasi pelatihan kepemimpinan dikutip dari AP.

2. Berikan kredit untuk diri sendiri

People hand assemble as a connection meeting teamwork concept. Group of people colleague assembly hands as a business or work achievement. Man and women touch each other hands. Teamwork conceptual.Foto: Istockphoto/Rachaphak
Jangan lupa untuk memberikan kredit pada kemampuan diri

Dalam beberapa kali percobaan lamaran kerja, mungkin Anda tak memenuhi 100 persen dari sarat yang tercantum untuk posisi tersebut. Namun jangan biarkan itu menghentikan Anda.

Jeannie Kim, wakil presiden konten di situs karier The Muse mengungkapkan agar Anda lebih percaya diri.

"Jadilah percaya diri dan cobalah untuk tak meminta maaf atas apapun yang kurang dari Anda," ucapnya.

"Yang harus Anda lakukan adalah benar-benar mempermainkan hal-hal yang kamu miliki. Mainkan keterampilan yang Anda miliki dalam deskripsi pekerjaan. Mainkan latar belakang yang Anda miliki, dan pastikan bahwa Anda menceritakan kisah tentang bagaimana Anda memenuhi syarat untuk melakukan tanggung jawab pekerjaan yang sebenarnya. "

3. Beri sorotan pada kemampuan adaptabilitas Anda

Business People meeting Planning Strategy Analysis  Concept  laptop meeting with technologyFoto: Istockphoto/SARINYAPINNGAM
tambahkan kemampuan soft skill Anda dalam CV

Anda akan membuat kesan yang baik dengan menunjukkan bahwa Anda bisa melakukan perubahan. Tampilkan sifat dan sikap kepribadian dalam CV Anda misalnya fleksibilitas, empati, dan kreativitas. Ini dikenal sebagai soft skill.

"Menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang kuat, itu sangat penting saat ini," kata Kim.

CV dan formulir aplikasi sering berkisar pada keterampilan lain misalnya, keterampilan teknis, terukur seperti kecakapan dalam perangkat lunak atau bahasa pemrograman tertentu. Tetapi surat lamaran dan wawancara Anda bisa menjadi tempat yang cocok untuk memasukkan soft skill.

"Pengalaman mengelola tim jarak jauh akan sangat besar sekarang karena sangat sedikit manajer yang berhasil seperti ini," kata Kratz.

Persiapkan diri untuk wawancara virtual

Back view of business woman talking to her colleagues about business plan in video conference. Multiethnic business team using laptop for a online meeting in video call. Group of businessmen and businesswomen smart working from home.Foto: Istockphoto/Getty Images/Ridofranz
persiapkan diri untuk wawancara virtual

Proses wawancara saat ini kebanyakan diakukan dengan cara virtual. Saran wawancara standar masih berlaku: Berpakaian profesional, ajukan pertanyaan cerdas dan sebagainya. Tetapi Anda juga harus mengadopsi beberapa praktik terbaik baru, lewat video.

Lakukan uji koneksi di perangkat Anda. Pastikan tidak ada yang mengganggu atau tidak pantas di latar belakang yang terlihat.

"Anda tidak ingin memiliki pengalaman pertama Anda dengan perangkat lunak itu atau platform itu berjuang untuk masuk ke dalamnya sementara Anda tahu bahwa seorang perekrut sedang menunggu," kata Kim.

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER