5 Cara Mengeringkan Cucian dengan Cepat saat Hujan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 13/07/2020 19:30 WIB
Ilustrasi jemuran pakaian Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar cucian bisa kering dengan cepat. (Pixabay/acworks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hujan bisa jadi 'musuh besar' untuk cucian Anda. Memasuki musim hujan, aktivitas cuci-mencuci acap kali menuai kekesalan karena pakaian yang dijemur tak kunjung kering.

Musim hujan membuat pakaian butuh waktu lebih lama untuk mengering. Tak ada sinar matahari juga membuat bau apek muncul pada pakaian.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar cucian bisa mengering dengan cepat, mengutip Nonilo.


1. Tiriskan pakaian tebal

Setelah mencuci, peras cucian dan pisahkan pakaian yang tebal. Pakaian tebal seperti jaket, sweater, atau mantel sebaiknya ditiriskan dengan meletakkannya di antara mulut ember. Biarkan selama beberapa waktu hingga air agak tiris baru kemudian dijemur. Lakukan trik ini bagi Anda yang mencuci tanpa menggunakan mesin.

2. Gunakan gantungan

Selama musim hujan, penting untuk memiliki hanger atau gantungan baju. Menggantung pakaian bisa membantunya cepat kering. Beri jarak antara satu pakaian dan pakaian lain dengan memanfaatkan jepit jemuran. Pastikan busana berwarna digantung tidak berdekatan dengan busana putih agar tak aman dari noda.

3. Pastikan ada sirkulasi udara

Musim hujan membuat Anda harus menjemur pakaian basah di dalam ruang. Agar bisa cepat kering, upayakan agar ruangan tempat menjemur tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan kelembapan udara yang tidak terlalu tinggi, pakaian bisa cepat kering.

Anda bisa memanfaatkan penyerap lembap untuk menurunkan kelembapan, mencegah timbulnya jamur, dan menjaga ruangan tetap segar serta sehat.

Jika menyediakan ruangan khusus untuk menjemur tak memungkinkan, tak ada salahnya Anda untuk memiliki rak jemuran. Miliki rak jemuran yang bisa dilipat dan dipindahkan sesuai keinginan. Taruh rak jemuran di luar saat sinar matahari sedang terik.

4. Manfaatkan AC

Di negara-negara tropis seperti Indonesia, pemanas ruangan tak selalu ada di dalam rumah. Sebagai gantinya, pendingin ruangan (AC) juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian.

Di malam hari, AC bisa mendinginkan ruangan sekaligus mengeringkan pakaian saat Anda tidur.

Jika tak ada AC, Anda bisa menggantinya dengan kipas angin. Letakkan rak penjemur pakaian tak terlalu jauh dari kipas sehingga bisa membantu pakaian cepat kering.

5. Setrika

Saat musim hujan, tak jarang pakaian yang dijemur diangkat dalam keadaan lembap. Untuk mengatasinya, setrika baju terutama pada bagian-bagian yang cukup tebal, termasuk ujung lengan kemeja, kerah, serta bagian pinggang dan celana pada saku.

Setelah disetrika, gantung baju agar terkena angin. Maka kemudian uap air pun hilang.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA