7 Cara Membuat Bayi Tertidur dengan Nyenyak

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 22:47 WIB
Ilustrasi Bayi dan Ibu Ilustrasi. Beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak. (hepatocyte/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apakah si kecil sering bangun dan menangis pada tengah malam? Jika iya, ikuti beberapa cara membuat bayi tertidur dengan nyenyak berikut ini.

Bayi belum memiliki kemampuan untuk membedakan siang dan malam. Hal itu membuat pola tidurnya kerap kali tak teratur.

Pola tidur bayi yang tidak teratur pada akhirnya sering membuat orang tua kewalahan. Orang tua baru pada umumnya akan kesulitan menemukan cara agar si buah hati dapat tidur dengan nyenyak.


Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut tujuh cara membuat bayi tertidur mengutip Parents.

1. Terapkan ritual malam

Bayi akan menyadari waktu tidurnya berdasarkan kondisi lingkungan sekitar. Ciptakan suasana yang dapat mendukung bayi untuk cepat tertidur.

Turunkan kebisingan dan redupkan lampu sekitar 30 menit sebelum waktu tidur. "Pencahayaan yang tepat sangat penting karena membantu mengatur jam internal bayi," ujar Direktur Sleep Disorders Center di Riley Hospital for Children, Indianapolis, Amerika Serikat, Deborah Givan.

Sejak bayi, lanjut Givan, otak manusia akan mengasosiasikan terang dan gelap dengan waktu bangun dan tidur. Meredupkan cahaya lampu di malam hari dapat membantu bayi tertidur dengan cepat dan tenang.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan ritual malam yang menenangkan. Anda bisa coba membiasakan mandi air hangat sebelum tidur. Atau, Anda juga bisa memperdengarkan lagu dan membacakan cerita dengan lembut sebagai pengantar tidur bayi.

Givan merekomendasikan untuk melakukan ritual malam tersebut setiap hari secara konsisten agar perlahan bayi jadi terbiasa.

2. Tak perlu ditenangkan jika terbangun

Saat terbangun di malam hari, bayi tak akan mengenali lingkungannya. Mereka akan membutuhkan bantuan Anda untuk kembali tertidur.

Banyak orang tua mencoba menenangkan bayi dengan menggendongnya atau menepuk-nepuk tubuhnya. Namun, alih-alih menenangkan, Anda justru direkomendasikan untuk membiarkan bayi tetap terjaga dan mengantuk secara perlahan dengan sendirinya.

"Cara ini membantu mereka belajar menenangkan diri sendiri. Yang lebih penting lagi, mereka dapat tidur dengan sendirinya," ujar Givan.

Ilustrasi Ayah dan Anak TidurIlustrasi. Pola tidur bayi yang kerap tidak teratur disebabkan oleh ketidakmampuannya untuk membedakan siang dan malam. (PublicDomainPictures/Pixabay)

Betul bahwa bayi yang baru lahir akan mendapatkan manfaat dari goyangan saat digendong atau cara-cara menenangkan lainnya yang biasa dilakukan orang tua agar mereka tertidur. Tapi, bayi berkembang dengan cepat dan tidak membutuhkan hal-hal tersebut seiring berjalannya waktu.

"Pada usia sekitar 5 bulan, sebagian besar bayi memiliki kemampuan untuk tidur sendiri. Jika kita masih berusaha menenangkan mereka dengan cara lama, maka kita menghalangi mereka untuk belajar," ujar konsultan tidur anak, Heather Turgeon.

Turgeon menyarankan agar orang tua mulai melatih si buah hati untuk bisa mengantuk dengan sendirinya. Tidur siang bisa jadi waktu yang tepat untuk melatih bayi.

3. Jangan diberi makan

Tak sedikit orang tua yang berusaha menidurkan bayi dengan menyusuinya. Turgeon tak menyarankan Anda terus meneruskan kebiasaan tersebut.

Turgeon mengatakan, kebiasaan tersebut hanya akan membuat bayi berpikir bahwa mereka selalu memerlukan makanan untuk bisa kembali tertidur.

Untuk mengatasinya, perlahan ganti menyusui dengan memberlakukan ritual-ritual sebelum tidur untuk si buah hati. Ritual bisa diberikan dengan membacakan cerita dengan lembut atau memperdengarkan lagu-lagu yang menenangkan. Cara itu akan membuat mereka mengantuk dengan sendirinya.

4. Patuhi waktu tidur

Pada usia sekitar 8 minggu, kadar hormon melatonin pada bayi akan meningkat. Melatonin merupakan hormon yang menimbulkan rasa kantuk saat waktu tidur tiba,

Turgeon mengatakan, kadar melatonin pada bayi akan mulai meningkat saat matahari terbenam. Meningkatnya kadar melatonin menandakan waktu tidur bagi bayi yang harus dipatuhi orang tua.

"Jika terlambat [bayi tak mulai dibiarkan tertidur saat kadar melatonin meningkat], bayi akan jadi bersemangat dan lebih sulit untuk ditidurkan," kata Turgeon.

Anda juga bisa memperhatikan beberapa tanda kantuk pada bayi seperti perilaku yang lebih tenang serta memiliki pandangan yang terasa membosankan. Manfaatkan momen ini dengan melakukan ritual-ritual sebelum tidur.

5. Tidur siang

Anggapan bahwa tidak tidur siang membuat tidur malam menjadi nyenyak adalah salah. Tidur siang tetap menjadi hal yang penting bagi bayi.

Turgeon mengatakan, tidak tidur siang membuat bayi akan merasa lelah. Dan, saat lelah, hormon stres pada bayi akan meningkat. Hormon stres akan membangunkan bayi saat mereka sedang tertidur.

6. Pedoman tidur siang

Tak ada salahnya memang menidurkan bayi di kursi atau bahkan dalam pelukan Anda di siang hari. Namun, cara itu membuat kualitas istirahat bayi berkurang.

Anda disarankan untuk mencoba menidurkan bayi di atas tempat tidurnya sendiri atau di dalam boks bayi. Dengan cara itu, bayi akan mendapatkan kualitas istirahat di siang hari yang cukup.

"Tidur siang adalah proses memulihkan mental dan fisik bayi. Idealnya, tempatkan bayi pada boks bayi agar tidur siang jadi berkualitas," ujar konsultan anak, Ingris Prueher.

Ilustrasi BayiIlustrasi. Beberapa cara bisa dilakukan untuk membuat bayi tertidur tanpa harus menggendongnya. (robarmstrong2/Pixabay)

7. Biarkan bayi mengatasinya sendiri

Bayi yang terbangun pada malam hari kerap membuat orang tua kalang kabut. Namun, alih-alih kalang kabut, Anda disarankan untuk membiarkan bayi mengatasi situasinya sendiri.

Turgeon menyarankan untuk menunggu respons bayi saat mereka terbangun di tengah tidur. "Diam-lah sejenak dan lihat apakah mereka [bayi] dapat mengatasinya sendiri," ujar Turgeon.

Jika ternyata si buah hati tak juga dapat menenangkan diri sendiri, maka masuk dan lakukan hal-hal yang tidak terlalu mengganggu kenyamanan bayi. Anda boleh menepuk-nepuk tubuh si buah hati tanpa harus menggendongnya. Biarkan bayi tetap berada di tempat tidurnya.

Cara ini dimaksudkan agar bayi dapat meningkatkan kemampuannya untuk menenangkan diri secara alami.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]