5 Buah dan Sayur yang Baik untuk Kucing

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 04:57 WIB
Ilustrasi kucing Ilustrasi. Kucing membutuhkan asupan serat yang didapat dari sayuran dan buah demi menjaga sistem kekebalan tubuhnya. (Pixabay/TeamK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daging menjadi salah satu asupan penting untuk kucing. Namun, spesies bernama ilmiah Falis catus ini pun bisa menerima asupan sayur dan buah yang berdampak baik pada kesehatannya.

Pada dasarnya, kucing merupakan hewan karnivora yang membutuhkan asupan daging untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein. Kucing tak membutuhkan karbohidrat, tapi mereka membutuhkan serat.

Dokter hewan Gerald Buchoff mengatakan kucing bisa mendapatkan asupan fitonutrien yang sehat dari konsumsi sayur. Fitonutrien dapat memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah kanker, penyakit autoimun, dan infeksi.


Namun, ada beberapa sayur yang harus dihindari kucing seperti selada dan bawang. "Jauhi selada dan bawang. Itu adalah dua makanan yang harus dihindari kucing," kata Buchoff, mengutip laman Martha Stewart. Selada akan menyebabkan diare pada kucing, sementara bawang bisa memicu anemia.

Jauhkan juga kucing dari asupan kentang dan labu yang merupakan sumber karbohidrat. Asupan karbohidrat hanya akan menyebabkan obesitas jangka panjang dan penyakit metabolisme lainnya.

Berikut lima sayur dan buah yang bisa dikonsumsi kucing.

1. Brokoli

Brokoli mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C dan bioflavonoid yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kucing. Brokoli juga menawarkan serat yang sehat untuk kucing kesayangan Anda.

Tak perlu dibumbui dan dimasak, sajikan brokoli dalam kondisi mentah dan bersih.

Ilustrasi BrokoliIlustrasi. Brokoli mengandung senyawa antioksidan yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kucing. (Meditations/Pixabay)

2. Wortel

Wortel memiliki kandungan likopen yang tinggi dan kaya akan senyawa antioksidan. Makanan kaya likopen menawarkan perlindungan dari risiko beberapa jenis kanker.

"Likopen adalah pertahanan yang hebat terhadap penyakit degeneratif dan pertumbuhan sel kanker," ujar Buchoff. Perlu diketahui, satu dari setiap lima kucing di dunia terkena penyakit kanker.

Tak hanya itu, likopen juga dapat membantu menjaga penglihatan kucing tetap sehat seiring pertambahan usia. Semakin bertambah usia, penglihatan kucing akan semakin keruh. Likopen dapat mengatasi hal tersebut.

3. Kubis

Sayuran hijau satu ini memiliki banyak vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk kucing. Kubis diketahui kaya akan vitamin A dan zync.

Anda bisa mengukus kubis dan mencampurnya dengan daging untuk disajikan sebagai menu santapan kucing kesayangan.

4. Pakcoy

Meski sedikit pahit, tapi pakcoy memiliki banyak manfaat untuk kucing.

Buchoff mengatakan, diet makanan mentah dan sayuran sehat untuk kucing. Sayur dapat memperpanjang angka harapan hidup kucing.

Pada umumnya, kucing sehat memiliki rentang hidup rata-rata hingga 18-20 tahun. Dengan hanya mengonsumsi makanan-makanan olahan yang tersedia di pasaran, kucing pada umumnya dapat bertahan hidup selama 12-15 tahun. Sayuran atau diet makanan mentah dapat menambah angka harapan hidup tersebut.

5. Apel, pir, dan plum

Apel, pir, dan plum adalah buah yang baik untuk dikonsumsi kucing. Ketiganya diketahui mengandung vitamin C yang memberikan manfaat kesehatan untuk kucing.

Namun, Buchoff menyarankan agar apel, pir, dan plum dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Alih-alih menyehatkan, konsumsi berlebih dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kucing.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]