5 Penyakit Akibat Mulut dan Gigi Tidak Sehat

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 21:33 WIB
Ilustrasi Gusi, Ilustrasi Gigi, Ilustrasi Mulut Ilustrasi. Kesehatan mulut dan gigi menjadi indikator pertama untuk mengetahui kondisi tubuh. Mulut dan gigi dapat menjadi pintu masuk berbagai penyakit. (Istockphoto/LuckyBusiness)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesehatan gigi dan mulut merupakan cerminan kesehatan tubuh. Pasalnya, berbagai penyakit dapat muncul karena mulut dan gigi yang tidak sehat. Mulut dan gigi dapat menjadi pintu masuk berbagai penyakit.

"Karena mulut dan gigi adalah indikator pertama untuk mengetahui keadaan tubuh kita. Gerbang utama masuknya bakteri, kuman, makanan, semuanya," kata ahli kesehatan gigi Theresia Dessy dalam webinar bersama Listerine, Kamis (2/7).

Theresia menjelaskan, menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebaliknya, gigi dan mulut yang tidak sehat dapat memicu munculnya berbagai penyakit, bukan hanya sekadar gigi berlubang, bau mulut, plak, dan masalah pada gusi.


Berbagai penyakit ini umumnya muncul karena plak dan juga pendarahan pada gusi. Plak adalah sisa makanan, kuman, dan bakteri yang menumpuk di gigi, gusi, dan rongga mulut. Plak yang menumpuk berbahaya karena merupakan kumpulan bakteri dan racun bagi tubuh.

"Ketika ada pendarahan di rongga mulut atau gigi berlubang, plak masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan berbagai penyakit," ucap Theresia.

Berikut 5 penyakit karena gigi dan rongga mulut yang tidak sehat.

1. Penyakit jantung

Plak dapat memicu munculnya penyakit jantung dan kardiovaskular. Pasalnya, plak dari mulut bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan berjalan ke jantung. Kuman dan bakteri dari mulut itu bisa menyerang jantung.

Orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki risiko tiga kali lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan serangan jantung.

"Ini disebabkan karena peradangan pada gusi dan bakteri pada akhirnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah," tutur Theresia.

2. Stroke

Rongga mulut yang tidak sehat juga memicu penyakit stroke. Studi menunjukkan, penyakit gusi dapat meningkatkan risiko stroke hingga 50 persen pada usia 25-54 tahun.

3. Diabetes

Penderita penyakit gusi memiliki risiko lebih tinggi menderita diabetes. Begitu pula sebaliknya, penderita diabetes memiliki kemungkinan tiga kali lebih tinggi menderita penyakit gusi.

4. Penyakit pernapasan

Mulut juga menjadi jalur masuk bagi berbagai penyakit pernapasan termasuk virus corona. Kuman dapat terhirup dan masuk menuju saluran pernapasan dan menginfeksi tubuh, termasuk memicu pneumonia.

5. Kelahiran prematur

Pada ibu hamil, gigi dan mulut yang tidak sehat dapat menyebabkan kelahiran prematur pada bayi yang dikandung. Plak atau bakteri dapat masuk ke dalam aliran darah dan berjalan ke plasenta. Bakteri dapat memicu hormon yang mempercepat kelahiran bayi.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]