7 Cara Sukses Belajar Online Saat Tahun Ajaran Baru 2020/2021

tim, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 17:05 WIB
Guru SD melakukan proses belajar mengajar (PBM) dengan siswa melalui aplikasi media daring di rumahnya di Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/4/2020). Dinas Pendidikan Jawa Barat menginformasikan pengawas dan pihak sekolah untuk melaksanakan PBM dari rumah fokus pada pendidikan dan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi virus Corona (COVID-19) serta melalui pembelajaran media daring dengan variasi sesuai peserta didik. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc. Tahun ajaran baru rencananya dimulai 13 Juli 2020. Namun tak seperti yang lalu, kebanyakan siswa akan melakukan pembelajaran jarak jauh karena pandemi Covid-19.(ARIF FIRMANSYAH/ARIF FIRMANSYAH)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tahun ajaran 2020/2021 bakal dimulai 13 Juli 2020. Ini bisa bervariasi di sejumlah daerah, tapi umumnya tahun ajaran baru mulai hari Senin pekan ketiga bulan Juli.
Namun tak seperti awal tahun ajaran lalu, kebanyakan siswa akan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena pandemi Covid-19. Sama dengan kegiatan belajar yang dilakukan selama tiga bulan lalu.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-1, Reisa Broto Asmoro mengatakan PJJ via internet atau dalam jaringan (daring) tak bisa disamakan dengan tatap muka. Namun ia memberikan sejumlah cara agar pembelajaran tetap berjalan lancar di rumah.

"Ada tujuh hal yang harus diperhatikan agar sukses belajar online. Yang pertama siswa dan guru harus bergembira, jangan stres," kata dia melalui konferensi pers daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sabtu (4/7).


Cara belajar efektif kedua adalah guru dan siswa sebaiknya memahami dengan baik dulu cara mengoperasikan teknologi komunikasi untuk belajar daring.

Ketika melakukan pembelajaran, - cara ketiga- guru dapat membagi kelas menjadi kelompok dan memberikan tugas yang bisa dikerjakan bersama. Ini untuk memastikan waktu belajar efektif.

Sebagai cara belajar daring efektif ke-4, guru disarankan menyisihkan waktu khusus untuk siswa yang tertinggal ketika mengajar daring. Sebelum melanjutkan pelajaran, sebaiknya guru memastikan semua siswa mengerti materi yang dibahas.

"Fokus dan kuatkan pada subjek yang membantu kemampuan murid bisa sukses di pelajaran manapun. Misalnya [pelajaran] bahasa dan sains," ujarnya sambil menyebutkan cara yang ke-5.


Selain itu, sebagai cara ke-6, Reisa juga menyarankan guru mengembangkan cara mengajar dengan banyak bertanya ke guru lain. Siswa juga bisa berkomunikasi dengan sesama siswa untuk membantu jalannya PJJ.

Cara sukses belajar online yang terakhir, dia juga meminta orang tua agar turut aktif membantu proses belajar anak. Baik membantu proses belajar maupun turut mengajarkan anak.

(fey/dea)

[Gambas:Video CNN]