5 Manfaat Tidur Telanjang: Tidur Nyenyak dan Jaga Kesuburan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 22:02 WIB
Ilustrasi Wanita Datang Bulan Ilustrasi. Tidur tanpa baju punya sederet manfaat kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah. (DieterRobbins/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidur telanjang boleh jadi dianggap aneh bagi sebagian orang. Tapi, tidur tanpa busana punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Tidur telanjang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Hal itu bahkan sudah terbukti secara ilmiah.

Berikut manfaat tidur telanjang, melansir Boldsky.


1. Meningkatkan kualitas tidur

Suhu udara yang lebih dingin dapat membantu tidur lebih baik. Suhu kamar tidur ideal berkisar antara 15,6-19,4 derajat Celcius.

Tidur tanpa pakaian merupakan cara terbaik untuk menjaga suhu internal tubuh tetap rendah. Dengan sendirinya, tidur telanjang meningkatkan kualitas tidur Anda secara keseluruhan.

2. Mengatasi stres dan cemas

Studi menunjukkan bahwa tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko depresi, stres, dan cemas.

Karena terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, tidur telanjang pun dengan sendirinya membantu mengurangi stres dan kecemasan secara keseluruhan.

3. Mencegah kenaikan berat badan

Kualitas tidur yang buruk menjadi salah satu faktor risiko kenaikan berat badan. Penelitian menunjukkan, orang yang tidur sama atau kurang dari lima jam per malam lebih mungkin mengalami penambahan berat badan yang tidak sehat.

Selain memperbaiki kualitas tidur, tidur telanjang juga dapat menekan risiko kenaikan badan dengan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar kalori.

4. Mengurangi risiko penyakit

Tidur yang berkualitas menjadi salah satu faktor penting kesehatan secara menyeluruh. Dengan tidur yang berkualitas, Anda bisa mengurangi risiko berbagai penyakit.

Tidur telanjang, dengan kemampuannya untuk memperbaiki kualitas tidur, secara tidak langsung dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan gangguan jantung.

5. Meningkatkan kesuburan pria

Banyak pria tidur dengan celana boxer yang ketat. Sejumlah penelitian menemukan, pemakaian celana yang ketat dapat menurunkan jumlah sperma pria. Oleh karena itu, tidur telanjang dianggap dapat membuat pria terhindar dari risiko menurunnya jumlah sperma.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK