Cara Mudah Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

rim, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 18:55 WIB
ilustrasi memilih kacamata Cara paling mudah untuk memilih bentuk kacamata adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan bentuk wajah. Berikut tipsnya.(iStockphoto/Emir Memedovski)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menemukan bentuk kacamata yang pas di wajah tentu menjadi kepuasan tersendiri buat pengguna kacamata. Bentuk frame yang tepat di wajah bisa memberi nilai plus estetika, menambah kepercayaan diri serta menonjolkan karakter pribadi.

Tak dimungkiri salah cara memilih bentuk kacamata akan menciptakan ekspresi wajah yang berbeda. Selain itu tentunya akan memengaruhi tampilan secara keseluruhan. Jangan sampai Anda dicap judes atau culun hanya karena bentuk kacamata yang tak pas di wajah.

Cara paling mudah untuk memilih bentuk kacamata adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan bentuk wajah. Berikut tipsnya. 


1. Memilih kacamata untuk wajah oval

Young woman wearing transparent eyeglasses in an eyewear store. About 25 years old, Caucasian female.Foto: istockphoto/GoodLifeStudio
ilustrasi kacamata untuk wajah oval

Bentuk wajah ini simetris antara ukuran panjang atas dan bawah dengan lebar wajah. Wajah oval adalah wajah yang paling fleksibel untuk memilih semua bentuk frame kacamata, dari kotak, bersudut, maupun bulat. Semuanya akan terlihat apik di wajah oval.

Namun ada satu kunci yang harus diperhatikan, pilihlah frame yang tidak melebihi atau kurang dari lebar terluar tulang pipi.

Sesuaikan saja dengan ukuran wajah. Pilih saja yang sedang digemari, misalnya frame kacamata dengan material plastik transparan dengan bentuk persegi atau semi oval.

2. Memilih kacamata untuk wajah bulat

Blue pilot aviator, gold rimmed, gradient sunglasses isolated on white background, front viewFoto: iStockphoto/Melih Evren Burus
kacamata kotak untuk wajah bulat

Bentuk wajah memiliki ukuran dagu dan lebar dahi hampir sama dengan pipi yang penuh. Cara memilih kacamata untuk wajah bulat adalah dengan memilih frame kotak dengan model klasik, tegas dan 'bold' sehingga memberi ilusi lebih panjang dan ramping pada wajah dengan struktur rahang lebih berkarakter.

Hindari ukuran frame yang terlalu kecil bersiluet bulat. Jika Anda ingin efek ringan, pilih siluet kotak dengan materi metal yang tipis.

3. Memilih kacamata untuk wajah persegi

full frame leopard glassesFoto: iStockphoto/Visivasnc
full frame leopard glasses

Fitur wajah persegi memiliki ukuran lebar dahi dan lebar rahang yang serupa, sehingga garis wajah terlihat persegi dan tegas. Pilih bingkai yang bisa 'melembutkan' garis wajah agar seimbang.

Pilih kacamata dengan model bulat, oval atau cat eye dan jauhi sudut tajam sebisa mungkin. Si wajah persegi juga bisa memilih kacamata dengan tambahan motif atau pattern pada bingkai seperti tortoiseshell atau leopard. Ini bisa jadi pilihan cerdas untuk tetap kesan profesional namun trendi.

4. Memilih kacamata untuk wajah Siluet Hati

half frameFoto: iStockphoto/Ridofranz
kacamata half frame

Wajah ini memiliki fitur wajah dengan ukuran dahi lebih lebar dibandingkan ukuran dagu yang sempit. Cara mudah memilih kacamata untuk wajah siluet hati adalah dengan memilih model bingkai yang memiliki detail pada bagian atas namun 'menghilang' pada bagian pipi akan membuat proporsi wajah seimbang. Pilihan lain bisa berupa a half frame glasses atau two tones dengan rona pastel pada bagian bawah.

5. Memilih kacamata untuk wajah Siluet Diamond

Women's retro sunglasses cat or fox on a bright yellow background. space for textFoto: iStockphoto/Sanny11
cat eye

Wajah bersiluet diamond ini dikenali dari proporsi tulang pipi yang lebar namun dengan ukuran dahi dan dagu yang sempit. Frame yang ideal adalah model yang mengalihkan setiap pandangan tertuju pada area mata, alis dan dahi.

Memilih kacamata dengan bingkai cat eye dengan ujung meruncing ke atas bisa menciptakan ilusi agar dahi Anda lebih lebar. Bagian bawah bingkai yang sempit tidak menambah kesan lebar pada bagian pipi. Anda tinggal menyesuaikan tingkat keruncingan dari bingkai cat eye pilihan.

(elm/chs)

[Gambas:Video CNN]