Kesalahan saat Pakai Sneaker yang Picu Jamur dan Bau Kaki

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 07:13 WIB
Ilustrasi Bau Kaki Ilustrasi. Jamur pada kaki akan sulit dihilangkan. Jamur bisa muncul akibat kesalahan seseorang saat menggunakan sneaker. (wokandapix/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jamur pada kaki akan sangat sulit dihilangkan. Jamur bisa muncul akibat kesalahan seseorang saat menggunakan sneaker.

Salah satu kesalahan para pengguna sneaker yang paling umum memicu jamur adalah kebiasaan tidak menunggu sepatu mengering sempurna untuk digunakan kembali. Kebiasaan ini membuat jamur mudah berkembang biak di dalam sepatu.

"Jamur dan bakteri tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan gelap seperti sepatu," ujar ahli podiatri, Jacqueline Sutera, melansir Well and Good. Selain dapat menyebabkan infeksi jamur, kondisi ini juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada kaki.


Sepatu jenis sneaker menjadi lahan 'basah' bagi jamur untuk berkembang biak. Apalagi jika sneaker digunakan di musim panas, yang sangat mungkin memicu keringat berlebih pada kaki. Kondisi ini sangat memungkinkan bagi jamur untuk berkembang biak dan menginfeksi.

Untuk mencegahnya, Sutera menyarankan untuk rajin berganti sepatu setiap hari. Anda disarankan untuk menggunakan sepatu yang sama lebih dari satu hari.

"Mengenakan sepatu yang sama setiap hari akan memicu infeksi jamur dan bau pada kaki," ujar Sutera. Dengan berganti sepatu, Anda dapat memberikan kesempatan pada sneaker kesayangan Anda untuk mengeringkan diri dari basah akibat keringat.

Tak hanya itu, bahkan jika memungkinkan, Sutera juga merekomendasikan Anda untuk berganti sepatu di siang hari. Cara ini disarankan khusus untuk Anda yang rentan terhadap jamur kaki.

Gunakan sepatu sneaker berbahan kanvas dengan pori-pori yang terbuka agar kulit bisa bernapas. Pasangkan sneaker dengan kaus kaki yang terbuat dari benang wol.

Selain memiliki sepatu ekstra, Anda juga disarankan untuk memiliki beberapa produk yang dapat mengatasi jamur seperti deodoran sepatu anti-jamur, semprotan kaki, rendaman tea tree oil, dan anti-perspiran untuk menjaga kaki tetap segar.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]