Rekomendasi Frozen Food Area Jabodetabek

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 12/07/2020 14:51 WIB
ilustrasi Frozen food Ilustrasi: Makanan beku jadi pilihan menyiasati pemenuhan kebutuhan selama pandemi. Frozen food memungkinkan Anda menyimpan makanan sehingga tak perlu sering keluar rumah. (Foto: iStockphoto/Belchonock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama masa pandemi Covid-19, makanan beku alias frozen food seperti mendapat panggung. Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kampanye #dirumahaja, ditambah kekhawatiran akan penularan virus corona membuat orang berpikir ulang ketika hendak berbelanja ke pasar atau supermarket.

Namun keterbatasan kondisi seringkali memunculkan siasat dan ide baru. Frozen food adalah salah satu yang menyelamatkan. Anda tak perlu repot berkali-kali ke pasar dan berbelanja bahan makanan, dengan persediaan frozen food maka cukup sekali beli, lalu Anda bisa menyimpannya dan memasak kapanpun Anda perlu.

Asalkan disimpan dengan tepat, makanan beku ini akan tetap awet sampai waktu menyantap tiba.


Menghimpun informasi dari berbagai sumber, ada beberapa rekomendasi frozen food yang patut Anda coba di sekitar area Jabodetabek.

1. Moza Kitchen

Malas ke pasar demi belanja daging? Barangkali Moza Kitchen bisa Anda jadikan referensi. Mengintip akun Instagramnya @mozakitchen, toko ini ada sejak 2015 silam. Anda bisa memesan dengan cara kontak admin sesuai lokasi tempat tinggal atau lokasi terdekat yakni Depok, Pondok Gede dan Bintaro, juga melalui marketplace Tokopedia dan Shopee.

Apa saja produknya?

[Gambas:Instagram]

Toko menyediakan aneka daging segar seperti, salmon, daging sapi (wagyu, sirloin, tenderloin, beef slice), tuna, daging ayam, udang, dan ikan, kemudian makanan asin beku seperti, mozarella sticks, kebab, cheesy chicken bites, shrimp roll dan squid ring. Aneka makanan beku ini tidak memerlukan proses memasak lama karena rata-rata Anda tinggal mendiamkannya di suhu ruang kemudian digoreng. Tak hanya bahan makanan, toko pun menyediakan saus pelengkap sajian makanan Anda seperti saus barbeku, saus yakiniku, saus blackpepper dan saus teriyaki.

Anda bisa memperoleh bahan-bahan daging segar mulai dari Rp34ribu hingga Rp170ribu. Sedangkan untuk makanan asin beku mulai dari Rp45ribu hingga Rp134ribu.

2. Roku Bento

Frozen food tak harus selalu bahan makanan. Roku Bento menawarkan aneka lauk atau makanan ringan asin dalam kemasan beku. Toko memiliki dua lokasi yakni di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara dan Bandung. Dari namanya 'Bento', tidak salah jika Anda membayangkan aneka kudapan yang biasa terdapat di bento ala Jepang.

Toko ini menyediakan egg roll, chicken katsu, tempura, spicy chicken, okado (kudapan berlapis kulit kembang tahu), dori bite, beef yakiniku, crab roll, chicken teriyaki dan ebi katsu. Bahkan toko ini pun menyediakan bakso, lumpia, siomay, dim sum dan risol rogut.

[Gambas:Instagram]

Anda bisa memperoleh aneka kudapan mulai dari Rp45ribu hingga Rp105ribu. Toko pun menyediakan paket hemat berisi beberapa jenis frozen food mulai dari Rp130ribu.

Egg roll atau egg chicken roll termasuk salah satu jenis frozen food yang tampaknya punya banyak penggemar. Pasalnya egg roll sold out dalam waktu cepat.

3. Kebab Onti Imeng

Jika biasanya Anda membeli kebab di gerobak pinggir jalan atau harus mengunjungi restoran, kini Anda bisa menyimpannya sebagai stok. Kebab Onti Imeng menyediakan kudapan satu ini dalam bentuk beku. Namun demi menikmati kebab Anda musti bersabar karena pemesanan menggunakan sistem pre-order (PO).

Kebab terdiri dari daging sapi, saus sambal, mayones dan sedikit irisan tipis bawang bombay. Dengan Rp60ribu, Anda bisa memperoleh satu kotak kebab beku sebanyak 10 buah. Sekotak kebab ini mampu bertahan hingga dua bulan penyimpanan bahkan aman dibawa hingga ke luar kota sebagai oleh-oleh.

Selain kebab, toko ini juga menyediakan molen isi keju dan cokelat. Kudapan ini dihargai Rp40ribu untuk 10 buah molen.

4. Babugayaf

Mengintip akun Instagramnya, Babugaya mengusung tagline 'Memasak makanan yang kami suka dengan bahagia, biar yang makan juga bahagia'. Menu-menu yang disediakan pun sebenarnya tidak fokus pada frozen food. Namun di sini terdapat menu pempek mini beku yang terbilang lengkap.

Dengan Rp65ribu, Anda bisa mendapatkan satu pak pempek yang terdiri dari jenis lenjer, adaan, kapal selam mini dan kulit.

[Gambas:Instagram]

Sedangkan untuk dim sum tersedia dalam kemasan semi beku atau matang. Dim sum dibanderol dengan harga Rp60ribu per 20 buah.

5. Tasty by Ummi

Meski baru awal tahun memperluas usaha ke ranah frozen food, Tasty by Ummi memperoleh sambutan positif. Toko menyediakan tulang iga sapi, daging sapi untuk olahan shabu-shabu, baso, kebab, otak-otak, tahu baso, dan bakso malang instan.

[Gambas:Instagram]

Tulang iga sapi jadi favorit para pelanggan yang kerap dijadikan olahan sup. Harga tulang iga sapi berkisar Rp50ribu hingga Rp80ribu.

Sedangkan tahu baso dipatok Rp18.500 per 5 buah. Untuk menu bakso malang instan cukup dihargai Rp13ribu. Meski berpusat di Bekasi, Jawa Barat, menu-menu frozen food dilayani hingga ke Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang lewat layanan pengiriman ojek daring.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]




BACA JUGA