7 Sarapan yang Lebih Manjur Dongkrak Energi Ketimbang Kopi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 05:47 WIB
Ilustrasi rempah-rempah Ilustrasi: Kopi dianggap bisa membangkitkan energi sekaligus membuat Anda fokus. Tapi sesungguhnya ada alternatif makanan dan minuman lain yang manjur mendongkrak stamina. (Foto: Pixabay/nataliaaggiato)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi sebagian orang tak ada yang lebih baik daripada memulai hari dengan secangkir kopi. Jika tidak bisa menyediakan di rumah, ada orang yang sampai rela mampir ke kedai kopi terlebih dahulu demi latte atau cappuccino dan sekepal roti.

Kopi dianggap mampu membangkitkan energi sekaligus menjauhkan diri dari kantuk. Memang ada kalanya Anda bisa melek seharian dan fokus bekerja. Tapi perlu diingat, jika kebiasaan ini berlanjut, terlebih bila kopi dipadukan dengan gula tambahan maka risiko gangguan kesehatan bakal mengintai Anda.

Mengganti sarapan dengan kebiasaan ngopi bukan keputusan bijak. Karena itu ada baiknya Anda sedikit demi sedikit bisa menyelipkan menu-menu makanan yang lebih baik untuk memulai hari.


1. Cuka apel

Cuka apel (apple cider vinegar) baik dikonsumsi pada pagi hari saat perut kosong. Komponen antioksidan dan antimikrobial-nya membuat cuka apel memiliki aneka manfaat kesehatan seperti, membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan kadar gula darah.

Apple cider vinegar isolated on white backgroundIlustrasi: Kandungan antioksidan dan antimikrobialnya mendatangkan aneka kesehatan mulai dari membantu menurunkan berat badan hingga kolesterol. (Foto: Istockphoto/kellyreekolibry)

Akan tetapi Anda musti bertahan dengan rasa asam cuka apel yang cukup kuat. Baik rasa dan aroma asam cuka berasal dari asam asetat hasil fermentasi alkohol pada fermentasi apel. Melansir dari Healthline, peneliti meyakini rasa asam ini justru yang memberikan cuka apel manfaat kesehatan.

Cuka apel bisa dikonsumsi dengan mencampurnya dengan segelas air atau madu untuk sedikit menurunkan tingkat keasaman.

2. Teh peppermint

Tak hanya kopi yang bakal bikin Anda melek tetapi juga peppermint. Melansir dari Women's Health Magazine, aroma peppermint terbukti meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan.

Peppermint kini tersedia dalam bentuk teh celup. Anda cukup mendidihkan air, menuangnya dalam cangkir dan tunggu hingga beberapa menit agar suhunya sedikit menurun, baru kemudian masukkan teh. Coba untuk tidak memasukkan gula atau madu agar Anda benar-benar mendapatkan sensasi baru menikmati peppermint sebagai pengganti kopi.

3. Telur

Ilustrasi telur ayamIlustrasi: Telur yang dikenal kaya nutrisi ini akan membuat Anda kenyang hingga jam makan siang. (Foto: Raw Pixel)

Entah digoreng atau direbus, telur mampu menawarkan sarapan yang kaya nutrisi dan membuat perut kenyang hingga jam makan siang.

Melansir dari Keck School of Medicine of USC, satu butir telur rebus berukuran besar mengandung 77 kalori dan sejumlah nutrisi seperti vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6, asam folat, fosfor, selenium, kalsium, zinc, 6 gram protein dan 5 gram lemak sehat.

4. Susu cokelat

Susu terutama susu cokelat layak Anda jadikan menu sarapan ketimbang kopi. Bahkan dalam sebuah studi, susu cokelat direkomendasikan sebagai minuman setelah berolahraga.

Studi yang diterbitkan di International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism menyebut minuman ini mampu mengembalikan energi secara optimal. Kemudian dalam 12 studi lain pun mengkonfirmasi hal serupa.

Mengapa? Perhatikan label kemasan susu cokelat di rumah dan bandingkan dengan susu tawar, air dan minuman dengan embel-embel baik untuk olahragawan. Susu cokelat mengandung lebih banyak karbohidrat dan protein yang mampu mengatasi otot yang lelah. Bonus berupa kalsium, sedikit natrium dan gula membantu mengembalikan energi dan menyimpan cadangan air.

Jadi, kenapa tidak mengganti kopi dengan susu cokelat?

5. Oatmeal

Banyak ahli gizi menyarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat di pagi hari. Kelebihan karbohidrat bisa membuat Anda loyo dan mengantuk. Namun dengan takaran tepat, karbohidrat bisa memberikan energi untuk beraktivitas.

Sebaiknya Anda menghindari karbohidrat sederhana seperti kawan minum kopi misalnya muffin, waffle, pancake. Justru sebaiknya konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal. Oatmeal mampu memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama.

6. Chia seed

Sebelum menggenjot otak untuk bekerja seharian, berikan ia nutrisi penting salah satunya asam omega 3. Nutrisi satu ini mampu melawan rasa lemas dan membuat Anda lebih waspada.

Chia seed bisa memberikan Anda asupan asam omega 3. Chia seed mampu menyerap air sehingga bisa membantu mempercepat pencernaan tanpa membuat Anda mengantuk. Coba tambahkan chia seed dalam jus sayur atau smoothies favorit.

7. Rempah

Rempah mungkin membuat Anda memikirkan bumbu-bumbu dapur. Padahal rempah tak melulu soal bumbu. Anda bisa menyisipkan rempah pada menu sarapan semisal jamu kunyit asam yang memberikan asupan kurkumin.

Kemudian juga, bubuk kayu manis sebagai taburan oatmeal atau roti bakar selai kacang.

Melansir dari Spoon University, rempah mampu meningkatkan metabolisme dengan memicu hormon di tubuh yang membuat Anda langsung melek.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]