Sempat Menghilang Satu Dekade, Danau di Virginia Muncul Lagi

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 12:23 WIB
Ilustrasi tepi danau (hschmider/pixabay) Ilustrasi. Mountain Lake di Virginia sempat mengering selama satu dekade. Tahun ini, danau tersebut perlahan kembali terisi air. (Pixabay.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada tahun 2008, Mountain Lake, danau yang terkenal setelah muncul dalam film Dirty Dancing (1987), mendadak kering.

Tapi pada musim panas tahun ini, secara mengejutkan danau tersebut mulai terisi air lagi.

Mountain Lake Lodge adalah objek wisata populer bagi penggemar Dirty Dancing sejati yang sedang berwisata ke resor Pembroke, Virginia, Amerika Serikat untuk melihat berbagai ikon yang ditampilkan dalam film.


Ada kabin tempat Baby dan keluarganya tinggal dan gazebo tempat para tamu mengikuti les dansa.

Tapi danau tempat Patrick Swayze dan Jennifer Gray mempraktikkan gerakan tarinya yang terkenal tercatat mengalami anomali selama satu dekade.

Seperti yang dikutip dari The Roanoke Times, permukaan air danau pertama kali turun pada tahun 1999, tetapi kembali naik pada tahun 2003.

Pada tahun 2006, permukaan air turun lagi dan pada tahun 2008 airnya benar-benar kering.

Namun, dalam beberapa minggu terakhir, setelah musim semi yang basah, karyawan Mountain Lake Lodge memerhatikan bahwa permukaan air danau mulai pulih kembali.

“Saat ini sekitar sepertiga penuh dan tampaknya akan semakin penuh,” kata General Manager Mountain Lake Lodge Heidi Stone.

"Ini sangat menyenangkan," Stone menambahkan.

[Gambas:Instagram]

"Para tamu menjadi sangat bersemangat, karena selama bertahun-tahun danau itu kering dan lebih mirip padang rumput. Saat danau penuh dengan air menjadi pemandangan paling indah.”

Menurut para ilmuwan, mendadak kering dan kembali basahnya Mountain Lake semakin merupakan salah satu fenomena yang unik.

"Lembah danau di gunung benar-benar unik, tidak hanya di Appalachia tetapi di seluruh dunia," kata profesor Roanoke College Jon Cawley.

Cawley menjelaskan bahwa setelah mempelajari danau, ia dan ilmuwan lain menemukan bahwa danau tersebut mencapai titik terendah utama setiap 400 tahun.

"Ketika danau mengering - ketika benar-benar kosong - danau membersihkan ekosistemnya dengan memindahkan sedimen yang terkumpul di dasar danau ke bawah melalui sistem pipa yang agak rumit, sehingga menjadi danau lebih besar, lebih dalam, dan untuk tetap bersih," kata Cawley dalam video.

Pengunjung harus menunggu hingga beberapa waktu ke depan untuk melihat danau telah terisi sempurna.

Tetapi Stone mengatakan, di luar kering atau basahnya danau tetap ada beragam kegiatan wisata lain di Mountain Lake Lodge untuk dinikmati, seperti paket wisata akhir pekan bertema Dirty Dancing yang mencakup perburuan harta karun, malam permainan, dan yang pasti: pesta dansa.

(ard/ard)