Islandia Rekam & Siarkan Jeritan Orang yang Stres Corona

CNN Indonesia | Jumat, 17/07/2020 12:52 WIB
Iceland Tebing Fjaðrárgljúfur di Islandia. (Istockphoto/undefined undefined)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak sedikit orang yang stres akibat pandemi virus corona, apalagi orang yang biasanya punya banyak waktu dan dana untuk berwisata, karena banyak negara yang masih menerapkan pembatasan perjalanan.

Saat ini Islandia memiliki solusi bagi orang-orang yang ingin mengurangi frustrasi akibat lama terkurung di dalam rumah.

Dikutip dari Lonely Planet pada Jumat (17/7), Islandia mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk merekam jeritan frustrasi mereka secara online, dan jeritan mereka akan disiarkan di beberapa lokasi paling terpencil melalui pengeras suara besar.


Cara ini mungkin terasa aneh, tetapi inisiatif ini berdasarkan pada terapi primal, yang memiliki prinsip bahwa berteriak dapat menawarkan rasa lega atas kecemasan setelah melepaskan emosi yang terpendam di dalam diri.

Badan pariwisata Islandia berada di belakang inisiatif ini, yang disebut Let It Out.

Dikatakan mereka, bahwa ruang Islandia yang indah dan terbuka lebar adalah destinasi yang tepat untuk melampiaskan rasa stres.

Setelah orang merekam jeritan mereka melalui situs resmi Let It Out, Islandia akan menyiarkannya lagi di lokasi-lokasi terpencil, seperti puncak Festarfjall di Semenanjung Reykjanes, pulau Videy di Reykjavik, dan air terjun Skógarfoss.

Menjerit sebagai alat terapi dikembangkan pada tahun 1970 sebagai cara untuk melepaskan emosi yang terpendam, kata psikoterapis Zoe Aston.

"Apa yang tidak kita sadari adalah bahwa respons psikologis terhadap keinginan untuk berteriak menerangi bagian otak kita yang disebut amigdala. Amigdala aktif ketika kita berada di bawah ancaman, sesuatu yang kita semua alami dalam beberapa bulan terakhir [pandemi virus corona]," kata Aston.

"Berteriak jadi baik bagi kesehatan karena kita bisa menyuarakan suara keras di ruang yang luas, terbuka, dan tidak terganggu. Ini benar-benar memungkinkan amigdala Anda melepaskan stres yang tersimpan di sana dan bergerak maju," lanjutnya.

Bagi yang sudah tidak sabar berteriak dengan "terapi" Let It Out ala Islandia, silakan kunjungi situs resminya di sini.

(ard/ard)