Mengenal Monstera, Tanaman Hias Kekinian Berdaun Unik

CNN Indonesia | Sabtu, 18/07/2020 17:42 WIB
Mature man caring about his plants during corona virus isolation period Ilustrasi. Bentuknya daunnya yang unik membuat tanaman hias monstera kerap dijadikan dekorasi pemanis ruangan. (iStockphoto/svetikd)
Jakarta, CNN Indonesia --

Belakangan ini, lini masa media sosial kerap diramaikan wujud tanaman hias monstera. Tanaman ini banyak difungsikan sebagai latar belakang aksi para youtubers hingga selebgram. Karenanya, tak salah jika kini orang mulai ingin mengenal tanaman hias monstera yang dinilai memberikan nilai estetika.

Mengutip The Sill, monstera juga dikenal dengan sebutan 'Swiss Cheese Plant'. Tanaman ini juga tersohor dengan bentuk lubang-lubang pada daunnya yang terbentuk secara alami. Tak heran jika banyak orang kerap menanam tumbuhan hias ini di dalam pot kecil dan difungsikan sebagai pemanis dalam kamar.

Untuk itu, mari ketahui lebih lanjut tentang tanaman monstera yang sedang naik daun ini.


Mengenal Tanaman Hias Monstera

Monstera merupakan tanaman tropis dari famili Araceae yang terdiri dari puluhan varietas. Dari puluhan varietas tersebut, monstera menjadi satu jenis tanaman yang paling sering dibudidayakan.

Wajar saja, tanaman yang berasal dari hutan tropis Amerika ini memiliki bentuk daun yang khas dengan warna hijau tua. Bentuknya yang estetik membuat tanaman ini cocok digunakan sebagai pemanis dekorasi ruangan.

Monstera sendiri terbagi ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah Monstera deliciosa borsigiana yang memiliki ciri khas postur tanaman lebih kecil dan mudah tumbuh dengan cepat. Monstera yang satu ini tentunya sangat cocok digunakan bagi Anda yang memiliki luas rumah terbatas.

Yang kedua adalah Monstera deliciosa variegata yang jarang ditemukan sebagai dekorasi rumah. Pasalnya, ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh dan memiliki ciri bercak krem kekuningan di daunnya.

Sementara itu, tipe ketiga adalah Monstera deliciosa albovariegata yang hadir dengan dua rupa daunnya yang khas. Dalam selembar daun, tipe ini memberikan variasi seperti 'yin yang', sisi kanan berwarna hijau sementara sisi kiri berwarna putih total, dan sebaliknya.

Decorative monstera tree planted white ceramic pot isolated on white background. 3D Rendering, Illustration.Ilustrasi. Monstera kini menjadi tanaman hias yang sedang digemari banyak orang. (iStockphoto/vahekatrjyan)

Tanaman Hias Monstera Beracun

Meski dinilai estetik, namun beberapa ahli mengklaim bahwa Monstera deliciosa mengandung racun karena kalsium oksalat yang ditemukan dalam getahnya. Tanaman hias ini dapat menyebabkan keracunan pada orang dan binatang peliharaan yang tanpa sengaja mengunyahnya.

Gejala keracunan monstera antara lain rasa sakit dan nyeri segera setelah mengunyah daun ini disertai dengan aphonia (kehilangan suara), kulit melepuh, suara serak, dan iritasi mulut.

Oleh sebab itu, jauhkan jangkauan tanaman ini dari anak-anak dan hewan peliharaan. Lebih baik letakkan tanaman hias ini di atas rak. Pastikan agar anak atau hewan peliharaan tidak bisa mendekat atau mengunyahnya.

Tips Merawat Tanaman Hias Monstera

Tanaman hias monstera memang tidak terlalu 'manja', sebab ia dapat hidup dan tumbuh dengan mudah. Namun, untuk menunjukkan hasil pertumbuhan tanaman yang optimal, maka pemilik harus pintar dan telaten dalam merawat tanaman kekinian yang satu ini.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan monstera, dikutip dari Pro Flowers.

1. Pastikan asupan sinar matahari tercukupi

Sinar matahari yang cukup adalah kata kunci keberhasilan menanam tanaman hias yang satu ini. Pasalnya, monstera tidak diperbolehkan langsung mendapatkan sengatan sinar matahari. Paparan langsung sinar matahari dapat membuat hijau pada daun berubah menjadi kuning dan layu.

Oleh sebab itu, gunakan-lah filter penghalang tipis seperti tirai jendela yang didesain seminimalis mungkin. Selain itu, pemilik juga dapat memutar atau menggeser posisi tanaman ini membelakangi sinar matahari saat beberapa sisi daun mulai berubah warna.

2. Perhatikan teknik dan waktu penyiraman

Monstera tak melulu membutuhkan asupan air yang banyak. Anda cukup menyiram monstera 1-2 kali dalam sepekan.

Periksa juga struktur tanah, karena tanaman hias yang satu ini menyukai tekstur tanah yang gambut dan dapat menyerap air dengan mudah. Tanah yang keras dan menggumpal dapat menyebabkan air tak terserap dengan baik. Kondisi tersebut bisa memicu risiko pembusukan di akar.

Selain itu, akar monstera juga ditemukan kerap mencuat ke permukaan tanah. Pemilik dapat menyiasatinya dengan menutupinya dengan rumput kecil atau kembali mengarahkan akar masuk ke dalam tanah.

3. Pastikan temperatur ruangan sesuai

Karena berasal dari hutan tropis, monstera dapat tumbuh dalam suhu ruangan normal. Tanaman ini disebut dapat hidup dengan baik di tempat dengan suhu 18-30 derajat Celcius pada siang hari dan 15 derajat Celcius pada malam hari.

Young happy brunette woman pouring water from watering can on potted plants in her home greenhouse, her little private garden.Ilustrasi. Monstera termasuk tanaman hias yang perawatannya terbilang mudah. (iStockphoto/funebre)

4. Pilih wadah dan media tanam yang sesuai

Pemilik harus memilih wadah atau pot yang sesuai dengan karakteristik tanaman hias ini. Tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil. Jangan lupa berikan lubang kecil atau lubang sirkulasi di setiap sisi pot.

Untuk media tanam, gunakan campuran tanah dengan pasir serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1.

5. Pangkas daun kering yang mengganggu

Anda tak perlu ragu untuk memangkas beberapa batang atau daun yang terlihat tak sehat. Selain mengurangi nilai estetika, hal tersebut juga dapat membuat bagian tanaman monstera lainnya tertular.

Jika telah mengenal tanaman hias monstera ini dengan baik, Anda dapat mulai merawatnya sesuai apa yang direkomendasikan.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias
(khr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK