Tanaman-tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia dan Dunia

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 16:53 WIB
Pink juliet rose in close up Sebelum membudidayakannya, ketahui jenis tanaman hias paling mahal agar bisa meraih profit tinggi dan untuk investasi jangka panjang. (Foto: iStockphoto/v_rachai)
Jakarta, CNN Indonesia --

Budidaya tanaman hias saat ini bisa dikatakan sebagai ladang usaha yang lagi ngetren.

Apalagi di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19) yang membatasi mobilitas membuat orang mencari kegiatan baru untuk mengisi waktu luang yang sebagian besar dihabiskan di rumah.

Salah satunya adalah aktivitas berkebun. Tak jarang orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menyuplai tanaman-tanaman hias paling mahal untuk ditanam di pekarangan rumahnya.


Sebelum membeli dan membudidayakan tanaman hias, tentu harus memahami betul serta melakukan riset pasar terhadap harga tanaman yang musiman atau yang kerap berubah-ubah ini.

Upaya itu dilakukan guna memprioritaskan mana penjualan dari jenis tanaman hias yang memiliki profit tinggi dan jangka panjang.


Tanaman-Tanaman Hias Paling Mahal di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut CNNIndonesia.com rangkum tanaman hias paling mahal di Indonesia. 5 daftar tanaman hias bunga dan daun ini berdasarkan hasil survey dari harga yang dijual di beragam marketplace online pada Juli 2020 ini.

1. Anggrek Hitam Papua

[Gambas:Instagram]

Anggrek hitam Papua bisa dipatok harga hingga mencapai Rp100 juta. Alasannya, tanaman hias yang satu ini termasuk golongan tanaman langka.

Secara karakteristik, bunga anggrek hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik berwarna merah muda cerah. Tentu dari ciri warna yang khas tak seperti anggrek lain yang biasa ditemukan.

Tanaman hias yang satu ini memiliki keistimewaan yang bernilai estetik. Tak heran, jika kini orang mulai berlomba mencari bibit dan mulai membudidayakan tanaman hias anggrek hitam Papua.


2. Bonsai

Pengunjung melintas di dekat tanaman bonsai pada International Bonsai Art dan Culture Biennale 2014 di Benteng Vredeburg, Yogyakarta, Senin (21/10). Pameran bonsai internasional bertajuk Bonsai merupakan salah satu tanaman hias paling mahal di Indonesia dengan harga yang stabil (Foto: Andreas Fitri Atmoko)

Sejak dulu hingga kini bonsai memiliki nilai jual pasar yang tinggi dan stabil. Tampaknya tanaman hias yang satu ini memang memiliki kolektor setia, sehingga bonsai masih terus dikategorikan sebagai tanaman-tanaman hias paling mahal.

Dalam sebuah marketplace online, Bonsai Kihuhan emas dibanderol dengan harga Rp4 juta, sementara Bonsai Kimeng didagangkan dengan harga pasaran awal Rp50 juta.

Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal. Tujuannya untuk menciptakan miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.


3. Monstera

Young happy brunette woman pouring water from watering can on potted plants in her home greenhouse, her little private garden.Monstera tengah naik daun akhir-akhir ini dan tanaman hias paling mahal di Indonesia (Foto: iStockphoto/funebre)

Tanaman estetik milenial Monstera dengan tipe tertentu dijual di sebuah marketplace online seharga Rp20 juta untuk empat daunnya.

Monstera merupakan tanaman tropis dari Araceae family yang memiliki puluhan jenis varietas. Dari puluhan varietas tersebut, setidaknya ada satu jenis tanaman yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera Deliciosa.

Monstera Deliciosa memiliki tipe deliciosa variegata yang jarang ditemukan sebagai dekorasi rumah. Penyebabnya, ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh serta memiliki ciri bercak krem kekuningan di daunnya.

Namun siapa sangka, justru proses tumbuhnya yang lama membuat Monstera Deliciosa Variegata ditawarkan dengan harga tak murah.


4. Anthurium

[Gambas:Instagram]

Anthurium tipe Jemani Cobra Varigata dihargai mulai dari Rp1,5 juta dalam sebuah marketplace online. Selain itu, tanaman ini memang terkenal mahal dalam beberapa tahun silam, bahkan harganya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Jenis bunga Anthurium sendiri merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araceae. Yang menarik dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, variatif, dan unik.

Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Di alam bebas, biasanya Anthurium hidup secara epifit atau hidup dengan menempel di batang pohon. Namun, ia juga dapat hidup secara terestrial di dasar hutan.

Sementara dalam kehidupan budidayanya, tanaman ini dapat ditanam dan dirawat dalam sebuah pot khusus asalkan memiliki sirkulasi air yang baik.


5. Red Aglaonema

[Gambas:Instagram]

Tanaman hias yang satu ini dibandrol dengan harga Rp1,5 juta dalam sebuah marketplace online. Tercatat tak kurang dari 10 orang sudah membelinya.

Tanaman sri rejeki atau aglaonema merupakan salah satu tanaman paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan nama harfiahnya, tanaman ini dipercaya mampu memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki.

Aglaonema red memiliki bentuk daun yang unik, dengan motif yang apik, ditambah warna merah memukau seakan menyala dari tanaman ini.

Tanaman-Tanaman Hias Paling Mahal di Dunia

Setelah mengetahui berbagai tanaman-tanaman hias paling mahal di Tanah Air, tak ada salahnya pelaku budidaya tanaman hias mengetahui beberapa tanaman yang dianggap memiliki nilai luar biasa di dunia, sehingga peminatnya harus merogoh kocek tak sedikit untuk menebusnya.

Berikut tiga jenis tanaman hias termahal di dunia, melansir dari Worthly.

1. Juliet Rose ($3-5 Juta)

Pink juliet rose in close upJuliet rose menjadi tanaman hias paling mahal di dunia dengan harga mencapai lebih dari Rp30 miliar (Foto: iStockphoto/v_rachai)

Juliet rose atau mawar Juliet ini memiliki kelopak bunga yang indah dan tone warna bunga yang lembut. Tak ayal, bunga ini menjadi bunga termahal versi riset Worthly.

Kisarannya, bunga ini mencapai US$3-5 juta atau setara Rp30 miliar.

Selain itu, tidak seperti jenis-jenis mawar lainnya, mawar juliet baru bisa berbunga dan dipanen setelah 15 tahun. Hal tersebut yang membuat nilai jual tanaman hias yang satu ini begitu tinggi.

2. Shenzhen Nongke Orchid ($200 ribu)

[Gambas:Instagram]

Dikembangkan oleh para ilmuwan pertanian Tiongkok, tanaman mahal yang satu ini merupakan hasil olah buatan manusia. Penamaan bunga tersebut juga diambil dari nama Universitas Nongke Shenzhen, tempat bunga tersebut mulai dirancang dan dibuat.

Bunga anggrek Shenzhen Nongke ini dihargai sekitar US$200 ribu atau setara Rp2,9 miliar.

Disebut-sebut para ilmuwan itu membutuhkan waktu delapan tahun untuk menciptakan bunga anggrek buatan ini. Estimasinya, Shenzhen Nongke Orchid dapat mekar dalam empat hingga lima tahun sekali.

3. Rothschild's Orchid ($5 ribu per tangkai)

[Gambas:Instagram]

Rothschild's Orchid atau Gold of Kinabalu Orchid (Anggrek emas Kinabalu) ditemukan pada 1987. Keberadaannya hampir punah karena penyelundup anggrek kerap menjarah bunga pada waktu itu.

Saat ini, Rothschild's Orchid sangat langka dan hanya dapat ditemukan di sebagian kecil Taman Nasional Kinabalu di Malaysia. Anggrek Rothchild ini bernilai US$5 ribu atau nyaris Rp73 juta per tangkainya.

Nah, setelah Anda mengetahui tanaman-tanaman hias paling mahal yang telah diulas secara singkat, sebagai pelaku budidaya tanaman hias dapat menjadikan hal ini sebagai referensi agar tanaman memilih tanaman hias dengan daya jual beli yang tinggi.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

(khr/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK