Ban Hun Lek, 'Rumah' Robot-robot Transformers di Thailand

CNN Indonesia | Senin, 20/07/2020 14:36 WIB
This photograph taken on July 18, 2020 shows tourists taking photos of life-sized sculptures of characters from the Ban Hun Lek, tempat las yang menjadi rumah robot-robot Transformers di Thailand, kini semakin ramai dikunjungi wisatawan. (AFP/MLADEN ANTONOV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di House of Steel Robots, Thailand, turis bisa memandangi patung-patung karakter film Hollywood yang dibuat dari logam bekas, salah satunya robot Transformers.

Ban Hun Lek, satu jam perjalanan ke utara Bangkok, telah menjadi tempat akhir pekan yang populer bagi keluarga yang ingin selfie bersama patung karakter film Hollywood untuk Instagram.

Pengunjung yang datang ke bengkel pengelasan Phairote Thanomwong bisa menatap patung setinggi delapan meter, yang mirip karakter Transformers dan King Kong, yang disusun dari suku cadang mobil bekas.


Phairote membuka bengkel lasnya 20 tahun yang lalu dan akhirnya mengubah bagian depannya menjadi galeri untuk kunjungan wisatawan.

"Awalnya itu hanya hobi," katanya kepada AFP, seperti yang dikutip pada Senin (20/7).

"Ketika saya masih kecil, saya sangat menyukai mesin ... jadi saya membuat apa yang saya sukai menjadi pekerjaan saya."

Setiap patung dibangun dengan menggunakan besi tua dan barang daur ulang, yang membuat setiap kreasi unik, katanya.

Satu patung setinggi satu meter dijual hingga 30 ribu baht (sekitar Rp14 juta), dan mayoritas pelanggannya berasal di luar negeri.

Sejak pandemi virus corona menyebar ke seluruh dunia dan membuat bisnis pariwisata lesu, Phairote mengatakan ekspor benda seninya ikut terhenti.

Namun, brontosaurus logam yang menjulang tinggi di Ban Hun Lek, yang dapat dilihat dari jalan bebas hambatan utama di seberangnya, menarik lusinan wisatawan lokal setiap akhir pekan.

"Jika mereka ingin melihat sesuatu yang luar biasa, mereka harus datang ke sini," kata Phairote sambil tertawa.

This photo taken on June 13, 2017 shows artist Phairote Thanomwong operating a mechanical Transformer at Ban Hun Lek, a metalworks shop renowned for giant statues of Transformers, the Hulk and other pop icons, in the central Thai province of Angthong.As Buddhist temples across Thailand struggle to stay relevant in the modern age, some monks are drawing on a tried-and-true magnet for children: superheroes. / AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHAPhairote Thanomwong, pemilik Ban Hun Lek. (AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA)

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]