WNI Belum Bisa Mengajukan Visa Turis ke Korea Selatan

CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 13:20 WIB
Saat ini WNI hanya bisa mengajukan Visa Pekerja, Visa Pelajar, Visa Kunjungan Keluarga, dan Visa Bisnis. Yang datang wajib karantina 14 hari. Jembatan Banpo di Korea Selatan. (iStock/TwilightShow)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hingga saat ini, warga negara Indonesia (WNI) masih belum bisa mengajukan Visa Turis untuk berwisata ke Korea Selatan, seperti yang dikutip dari unggahan foto di akun Instagram Korea Visa Application Center (KVAC) pada 6 Juli 2020.

Dalam unggahan tersebut dijelaskan, saat ini WNI hanya bisa mengajukan Visa Pekerja, Visa Pelajar, Visa Kunjungan Keluarga, dan Visa Bisnis.

Salah seorang netizen mengajukan pertanyaan soal kapan pengajuan Visa Turis dibuka, dan KVAC menjawab kalau aturan di atas berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan.


Selain soal pengajuan Visa Turis, dalam unggahan foto lain di Instagram KVAC juga dijelaskan soal biaya visa terbaru ke Korea Selatan.

"Annyeonghaseyo. Biaya aplikasi visa Korea selalu berubah mengikuti fluktuasi kurs dolar. Untuk penerbitan visa Korea di Indonesia, biaya visa akan diperbarui 2 (dua) kali dalam setahun (Biasanya per tanggal 1 Januari dan 1 Juli di tahun berjalan)," tulis KVAC dalam foto yang diunggah tanggal 30 Juni 2020.

"Oleh karena itu, kami menginformasikan bahwa per 1 Juli 2020 diberlakukan biaya visa Korea yang baru seperti tertera pada gambar. Demikian informasi terbaru terkait biaya visa. Untuk info lebih detail dapat menghubungi KVAC via kontak yang tersedia. Kamsahamnida," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]

Berlaku per 1 Juli 2020, WNI wajib membayar biaya visa kunjungan ke Negara Ginseng mulai dari harga Rp339 ribu (sudah termasuk biaya administrasi) untuk jenis Group Visa hingga Rp1,5 juta (sudah termasuk biaya administrasi) untuk jenis Multiple Entry Visa.

Biaya administrasi KVAC untuk Visa Individu menjadi Rp196 ribu per orang, dan Visa Group menjadi Rp120 ribu per orang.

[Gambas:Instagram]

Dalam foto unggahan pada 26 Juni 2020, ikut dijelaskan bahwa warga negara asing (WNA) wajib melakukan karantina selama 14 hari dan mengisi formulir persetujuan penggunaan fasilitas karantina pemerintah.

Aturan ini diberlakukan demi menekan angka penularan virus corona.

WNA pemegang visa jangka pendek yang akan berkunjung ke kampung halaman BTS dan Blackpink ini diwajibkan karantina di fasilitas pemerintah dengan biaya yang semula 100 ribu won (sekitar Rp1,2 juta) per hari, naik menjadi 150 ribu won (sekitar Rp1,8 juta) per hari.

Kalau dikalkulasikan, 14 hari hari karantina saat kedatangan di Korea Selatan bisa menghabiskan dana hingga 2,1 juta won (sekitar Rp25,9 juta)

[Gambas:Instagram]

Tak sedikit netizen yang mengatakan kalau biaya karantina tersebut sangat mahal, ditambah belum termasuk biaya tiket pesawat dan hotel.

"20an juta buat karantina aja WKWKWK makasih banyak aku nunggu vaksin aja:")," tulis @vidyapidia.

"per orang 25.3 jt selama 2 Minggu utk biaya karantina ...blom akomodasi tiket pesawat PP + hotel selama disana + uang saku," tulis
@donwenx.

Informasi lebih lanjut mengenai visa kunjungan ke Korea Selatan bisa diketahui di sini atau di sini.

(ard)

[Gambas:Video CNN]