Taman Hiburan Studio Ghibli Bakal Dibuka Tahun 2022

CNN Indonesia | Sabtu, 25/07/2020 15:52 WIB
Studio Ghibli Theme Park bakal dibuka di Prefektur Aichi, Jepang, pada musim gugur tahun 2022. Taman hiburan Studio Ghibli bakal dibuka di Prefektur Aichi, Jepang, pada musim gugur tahun 2022. (Dok. Studio Ghibli)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taman hiburan di Jepang yang paling ditunggu pembukaannya oleh warga dunia, Studio Ghibli Theme Park, rencananya bakal dibuka pada musim gugur tahun 2022, seperti yang diberitakan oleh Slash Film.

Pembangunan taman hiburan Studio Ghibli pertama kali diumumkan pada tahun 2017, dan sebuah laporan dari The Japan Times pada tahun 2018 mengatakan pengelola taman hiburan itu menargetkan pembukaan sekitar tahun 2020.

Keterlambatan pengembangan dan pandemi virus corona sekarang telah mendorong pembukaan taman itu pada 2022.


Konstruksi yang tengah berlangsung terpaksa dihentikan selama dua minggu pada bulan April akibat pandemi virus corona sedang merajalela.

Presiden Studio Ghibli, Kiyofumi Nakajima, dilaporkan bakal menghadiri acara peletakan batu pertama di sana pada 28 Juli 2020.

Taman hiburan Studio Ghibli yang sedang dibangun berlokasi di Prefektur Aichi dekat Nagoya, tempat Jepang menjadi tuan rumah World Fair 2005, tepatnya di area Aichi Expo Commemorative Park.

Dikatakan Gubernur Prefektur Aichi, Hideaki Omura, jika tak ada aral melintang, taman hiburan Studio Ghibli bisa dinikmati turis domestik dan mancanegara pada dua tahun lagi.

Taman hiburan ini dibagi menjadi lima dunia yang berbeda, masing-masing bertema kisah anime yang dirilis Studio Ghibli.

"Tiga area saat ini sedang dibangun: area The Hill of Youth, yang terinspirasi oleh 'Whisper of the Heart' dan 'Howl's Moving Castle', area Giant Warehouse, yang terinspirasi oleh 'Spirited Away'; dan Hutan Dondoko yang terinspirasi oleh 'My Neighbor Totoro.'

Dua area yang belum memulai pembangunan adalah Desa Mononoke, yang terinspirasi oleh 'Princess Mononoke,' dan Witch Valley, yang terinspirasi oleh 'Kiki's Delivery Service' dan 'Howl's Moving Castle.'

Pengembangan area-area ini diharapkan akan dimulai pada 2021.

Gambar konsep taman hiburan Studio Ghibli memulai debutnya dalam sekilas pariwara di layar bioskop Negeri Sakura pada bulan April 2018. Saat melihatnya penonton langsung heboh.

Taman hiburan ini bakal menjadi tonggak sejarah terbaru dalam kebangkitan Studio Ghibli.

Dikutip dari IndiWire pada Sabtu (25/7), tidak hanya Hayao Miyazaki saja yang kembali menggoreskan tinta sejak 'The Wind Rises', tetapi film animasi CGI pertama Studio Ghibli yang berjudul 'Earwig and the Witch' juga bakal dirilis di Amerika Serikat pada musim dingin 2021.

Film itu masuk seleksi resmi Festival Film Cannes 2020 awal tahun ini.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]