Desainer Busana 'Ziggy Stardust' David Bowie Meninggal Dunia

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/07/2020 14:16 WIB
Perancang busana Jepang terkenal yang menciptakan busana ikonik David Bowie, Kansai Yamamoto meninggal dunia. Kansai Yamamoto, desainer Jepang meninggal dunia dalam usia 76 tahun (AFP/KAZUHIRO NOGI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perancang busana Jepang terkenal Kansai Yamamoto meninggal dunia. Berita duka ini diunggah oleh instagram resmi label tersebut.

Mereka mengungkapkan bahwa Yamamoto meninggal pada 21 Juli 2020 dalam usia 76 tahun.

Mengutip CNN, Yamamoto dikenal karena koleksi avant-garde dan kolaborasi yang menentukan era bersama dengan David Bowie. Putrinya Mirai mengatakan dalam sebuah posting Instagram bahwa ayahnya "meninggalkan dunia ini dengan damai, dikelilingi oleh orang-orang yang dicintai" setelah pertempuran dengan leukemia myeloid akut.


Yamamoto, yang didiagnosis menderita leukemia myeloid akut pada Februari dan telah dirawat di rumah sakit sejak saat itu.

[Gambas:Instagram]


Yamamoto adalah penduduk asli Yohohama, dekat Tokyo. Pada 1971 dia menjadi desainer pertama Jepang yang mengadakan show di London setelah menerima Soen Award Jepang.

Mengutip Kyodo News, koleksinya di London memberinya pengakuan internasional dan persahabatan jangka panjang dengan beberapa musisi paling terkenal di dunia seperti Bowie, yang mengenakan pakaian Yamamoto yang berani dan futuristik untuk alter egonya Ziggy Stardust, serta Elton John dan Stevie Wonder.

Desain Yamamoto memperkuat reputasi David Bowie dalam hal androgyny dan menentang norma gender.

[Gambas:Instagram]

"Ketika David mengenakan pakaian wanitaku, orang-orang sangat terkejut. Pakaian saya dirancang untuk dipakai oleh wanita. Ketika saya memikirkannya, itu adalah hal yang aneh baginya untuk dilakukan," kata Yamamoto dikutip dari Dazed.

Yamamoto juga berpartisipasi dalam pekan mode Tokyo, New York dan Paris selama periode 1974 hingga 1992, menurut situs web perusahaannya Kansai Yamamoto Inc.

[Gambas:Instagram]

(chs)

[Gambas:Video CNN]