Hiasan Indoor: Aglonema 'Hidroponik' Bersama Ikan Cupang

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 01/08/2020 08:46 WIB
Sebenarnya ada beberapa hal yang kini tengah populer juga, yaitu hidroponik, aglonema, dan ikan cupang, Anda bisa kok menggabungkan semua tren ini. ilustrasi: Sebenarnya ada beberapa hal yang kini tengah populer juga, yaitu hidroponik, aglonema, dan ikan cupang, Anda bisa kok menggabungkan semua tren ini. (iStockphoto/Lisa5201)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sri rezeki atau yang lebih dikenal dengan aglonema tengah merajai dunia pertanian tanaman hias.

Daya tarik utama tanaman ini terletak pada keindahan daun-daun yang berwarna dan punya motif yang variatif. Sebab tanaman ini bisa hidup meski dengan cahaya matahari yang minim, maka dari itu sangat cocok bila anda memeliharanya di dalam rumah (indoor).

Namun sadar atau tidak, sebenarnya ada beberapa hal yang kini tengah populer juga, yaitu hidroponik, aglonema, dan ikan cupang. Untuk cara yang sedikit unik dan berbeda dari lainnya, Anda bisa menggabungkan semuanya.


Tanaman hias ini bisa hidup meski dengan paparan sinar matahari yang sedikit. Selain itu tanaman ini memiliki akar serabut sehingga bisa menyimpan zat hara lebih banyak.

Kemampuan adaptasi yang tinggi ini membuat aglonema juga bisa hidup di air, seperti layaknya menanam hidroponik.

Yang Anda butuhkan hanyalah vas atau botol besar bening, aglonema yang sudah dibersihkan akarnya dari tanah, dan ikan cupang. Jangan pilih tempat yang terlalu kecil karena Anda juga akan merawat ikan ini.

Selain jadi pelengkap keindahan vas, ikan cupang bukan cuma jadi hiasan tapi juga akan membantu menghilangkan jentik nyamuk yang mungkin muncul karena air yang tergenang.

Dengan cara ini Anda bisa meletakkan aglonema di dalam vas bening yang cantik dan melihat akarnya semakin berkembang setiap hari. Selain itu, rumah juga tak perlu berantakan dengan tanah yang kotor. Yang harus dilakukan adalah mengganti air setiap beberapa kali sehari agar ikan dan tanaman tetap sehat.

Jangan lupa juga untuk sesekali mengeluarkan tanaman agar terkena sinar matahari sehingga tanaman dan ikan sehat dan bebas penyakit. Aglonema juga harus dibersihkan bagian daunnya agar tetap mengilat dan tumbuh besar. 

aglaonemaFoto: istockphoto/ dropStock
aglonema

 

(chs)

[Gambas:Video CNN]