Serba-serbi Masak Daging Kambing: Bebas Alot dan Tak Prengus

tim, CNN Indonesia | Jumat, 31/07/2020 10:06 WIB
Daging kambing memang memiliki aroma yang kuat dan daging alot. Aroma khas kambing ini dikenal dengan bau prengus. Berikut triknya. ilustrasi: Daging kambing memang memiliki aroma yang kuat dan daging alot. Aroma khas kambing ini dikenal dengan bau prengus. Berikut triknya.(ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia --

Daging kambing memang memiliki aroma yang kuat. Aroma khas kambing ini dikenal dengan bau prengus.

Tak dimungkiri, menghilangkan aroma prengus memang gampang-gampang susah. Meski demikian ada beberapa cara dan trik untuk menghilangkan aroma daging kambing yang prengus ini.

"Untuk menghilangkan bau kambing bisa gunakan beberapa rempah seperti jahe, pala, dan kayu manis," ucap Lediana, pemilik Warung Sate dan Sop Betawi Bu Eti kepada CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.


"Silsilah awal kambing bisa berbau prengus adalah karena orang yang memotongnya kurang ahli. Ini yang menyebabkan kambing yang sudah dasarnya bau jadi makin bau."

Selain itu dia juga menambahkan, ketika membuat sop kambing, daging kambing boleh dicuci namun harus langsung dimasak dan direbus dalam air yang sudah mendidih.

"Masak 10 menit, nanti akan ada buih-buih cokelat yang keluar, ini yang harus di ambil dan dibuang."

Untuk membuat sop kambing bagian yang disarankan adalah bagian dengkul kaki kambing karena mengandung banyak sumsum yang gurih.

Untuk membuat sate, Ledi menyarankan untuk memlih daging bagian paha belakang karena tak terlalu banyak urat. Daging ini diiris miring sehingga bisa menyerap bumbu dengan baik.

Tips pembaca CNNIndonesia

CNNIndonesia.com melakukan survei terkait cara untuk menghilangkan bau prengus daging kambing. Berikut beberapa tips yang sudah dipilih CNNIndonesia.com untuk membantu menghilangkan bau kambing dalam masakan Anda di hari Iduladha dan membuatnya jadi lebih empuk.

"Hindari stress pada hewan yang dikurbankan lakukan sembelihan dengan Ihsan. Setelah benar benar mati utamakan memisahkan kepala dan kaki terlebih dahulu karena prengus terkuat berada pada wilayah itu. Selanjutnya sesuai kan dengan keinginan, sebagian masyarakat ada yang suka dagingnya dibakar tipis terlebih dahulu baru diolah untuk jenis masakan lainnya," 
tulis akun Durrahni melalui akun Facebook.

"Sebelum memasak dikasih jeruk nipis atau lemon, cuka juga bisa selam 5 sampai 10 menit, dijamin baunya hilang," tulis akun Mutiara Hati.


"Pilih kambing muda. Kalau pun sudah di atas lima bulan, cari yang betina," saran dari akun @missHOTRODqueen.


"Rendam dengan air panas lalu beri parutan nanas," tulis @ary_h7.

"Asam jawa mix jeruk nipis," tulis @zainul_muh97.

(chs)

[Gambas:Video CNN]