Perbanyak Amalan dan Zikir di Hari Tasyrik Terakhir

Tim, CNN Indonesia | Senin, 03/08/2020 11:50 WIB
Hari Tasyrik 2020 bakal berakhir hari Senin (3/8). Perbanyak amalan dan ibadah zikir dengan melantunkan kalimat takbir. Ilustrasi. Hari Tasyrik 2020 bakal berakhir hari Senin (3/8). Perbanyak amalan dan ibadah zikir dengan melantunkan kalimat takbir. (iStockphoto/CreativaImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari Tasyrik 2020 bakal berakhir pada hari ini, Senin (3/8). Pada hari Tasyrik, umat Islam dianjurkan memperbanyak amalan dan berzikir.

Hari Tasyrik merupakan bagian dari hari raya umat Islam, yang terhitung selama tiga hari setelah Hari Raya Iduladha. Atau, dalam kalender Hijriah, hari Tasyrik jatuh pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah, yang pada tahun 2020 bertepatan pada 1, 2, dan 3 Agustus.

Pada hari Tasyrik, umat Islam dilarang berpuasa. Hukum berpuasa di hari Tasyrik adalah haram. Umat Islam dianjurkan untuk bergembira merayakan Hari Raya Idul Adha dengan melakukan ibadah haji di Mekkah bagi yang mampu atau berbagi dan menikmati daging kurban bagi yang tak bisa melakukan ibadah haji.


Walau tak boleh berpuasa, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah lainnya, seperti memperbanyak berzikir dengan membaca salah satunya kalimat takbir.

"Selain puasa, maka amalan lainnya boleh dilakukan. Bahkan kurban pun, masih boleh dilakukan di hari Tasyrik dan memperbanyak bertakbir," kata ahli fiqih ustaz Muhammad Ajib kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Hari Tasyrik juga merupakan waktu terakhir untuk bertakbir setelah Hari Raya Iduladha. Umat Islam disunahkan memperbanyak zikir dengan bertakbir setiap selesai salat wajib hingga selesai salat Ashar pada 13 Dzulhijjah atau hari Tasyrik terakhir.

Selain itu, hari Tasyrik terakhir ini juga menjadi batas akhir bagi umat Islam dalam membeli dan menyembelih hewan kurban. Menyembelih hewan kurban masih boleh dilakukan hingga matahari terbenam atau sebelum waktu Magrib pada 13 Dzulhijjah (3 Agustus).

Allah SWT menjanjikan pahala yang berlimpah bagi umatnya yang banyak melakukan amalan baik di hari Tasyrik. Amalan yang dapat dilakukan di hari Tasyrik diantaranya adalah berkurban, mengumandangkan takbir, berzikir, bersedekah, membaca Alquran, dan memperbanyak salat sunah.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]