5 Manfaat Pijat Wajah untuk Kecantikan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 07:13 WIB
Tak hanya untuk tubuh, pijat pun bisa diaplikasikan pada wajah. Selain itu, ada manfaat-manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari pijat wajah Tak hanya untuk tubuh, pijat pun bisa diaplikasikan pada wajah. Selain itu, ada manfaat-manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari pijat wajah(Getty Images/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya untuk tubuh, pijat pun bisa diaplikasikan pada wajah. Facial massage atau pijat wajah umumnya dilakukan dengan beragam teknik baik dengan alat semisal face roller atau cukup dengan tangan plus minyak atau cleansing balm.

Memijat wajah akan membantu Anda meningkatkan kesehatan kulit. Bahkan pijat wajah juga bisa mendukung fungsi skincare yang Anda gunakan. Selain itu, ada manfaat-manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari pijat wajah. Jadi tunggu apa lagi?

1. Wajah awet muda

Salah satu manfaat utama pijat wajah adalah kemampuannya untuk meningkatkan tampilan wajah secara keseluruhan. Bahkan menurut sebuah riset, pijat wajah bisa mengurangi kenampakan kerutan, kulit kendor dan perbaikan tekstur.


Mengutip dari Healthline, sebuah studi pada 2017 memeriksa efektivitas pijat wajah termasuk penggunaan alat pijat. Partisipan menggunakan alat dan krim antipenuaan pada leher selama 8 minggu. Efek krim meningkat saat digunakan bersamaan dengan pijat wajah. Ini terlihat dari kerutan berkurang, kulit lebih kencang dan tekstur kulit lebih baik.

2. Meringankan gejala sinusitis

Sinusitis atau peradangan pada dinding sinus bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada area hidung dan sekitarnya. Pijat wajah bisa membantu meredakan gejala sejauh sinusitis yang dialami belum sampai tahap akut atau ada kasus infeksi.

Pijatan pada wajah bisa membantu hidrasi pada mukus, mengurangi sakit kepala dan meningkatkan sirkulasi.

3. Mengurangi masalah jerawat

Pijat wajah bisa menstimulasi kulit sehingga melancarkan peredaran darah dan mengurangi jerawat. Hal ini masih perlu dibuktikan lewat riset spesifik. Namun beberapa orang menyatakan pijat wajah dengan minyak zaitun bisa mengatasi jerawat. Anda juga bisa mencobanya asal tidak memijat pada area yang mengalami peradangan.

4. Kulit 'glowing'

Rahasia kulit berkilau alias 'glowing' tidak hanya lewat penggunaan skincare tetapi juga pijat wajah. Riset pada 2002 menemukan 59 persen wanita yang melakukan pijat wajah melaporkan kulit lebih segar dan muda.

Menurut facialist Joanna Vargas, pijat wajah juga membantu Anda merasa lebih baik apalagi di masa pandemi. Pijat wajah, kata dia, bisa meningkatkan produksi kolagen, elastisitas kulit, detoks kulit dan menimbulkan kilau alami kulit.

"Pijat wajah bisa meningkatkan sirkulasi, yang mana memasok oksigen pada jaringan dan memberikan Anda kilau sehat alami," kata Vergas mengutip dari Instyle.

Infografis 5 Titik Relax Penting Pijat WajahFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Infografis 5 Titik Relax Penting Pijat Wajah

5. Memperbaiki tampilan wajah

Pijat wajah dengan alat termasuk dengan face roller bisa menimbulkan dampak positif pada peredaran darah. Saat aliran darah lancar, tampilan kulit pun jadi membaik.

"Pijat wajah menstimulasi sistem limfatik, yang mana bertanggung jawab untuk menghantarkan nutrisi ke kulit, yang membuat kulit terlihat lebih sehat dan membantu mengurangi bengkak dan memperbaiki kontur wajah," kata Vergas.

(els/chs)

[Gambas:Video CNN]