Menebak Arti 'Gantung Panci' Sisca Soewitomo

tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/08/2020 10:25 WIB
Dalam unggahan terbarunya, Sisca Soewitomo mengungkapkan istilah gantung panci. Apakah Sisca akan pensiun dari dunia kuliner? Dalam unggahan terbarunya, Sisca Soewitomo mengungkapkan istilah gantung panci. Apakah Sisca akan pensiun dari dunia kuliner? ( CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli kuliner Indonesia Sisca Soewitomo mengunggah sebuah foto sedang menggantung panci disertai dengan caption. Netizen langsung mempertanyakan maksud unggahan gantung panci tersebut.

Dengan mengenakan pakaian chef berwarna putih, Sisca tampak sedang menggantung sebuah panci. Di dapur itu, juga tampak beberapa buku resep ciptaan sang maestro kuliner yang kini sudah berusia 71 tahun.

"Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci," tulis Sisca sebagai caption foto tersebut.


Kata-kata gantung, seperti halnya gantung raket dan gantung sepatu diartikan sebagai pensiun. Netizen yang melihat unggahan itu banyak yang mempertanyakan unggahan Sisca tersebut.

Unggahan ini jelas membuat banyak orang bingung. Pasalnya istilah gantung panci bisa berarti pensiun dari dunia kuliner, atau menggantung panci dalam arti yang sebenarnya. Istilah gantung ini juga kerap dipakai atlet untuk menyatakan pensiun dari dunia yang mereka geluti.  Pelari atau pesepak bola misalnya, menggunakan istilah gantung sepatu saat pensiun, atlet bulu tangkis atau tenis menggunakan istilah gantung raket saat pensiun. 

Namun, ketika dikonfirmasi CNNIndonesia.com kepada Sisca Soewitomo dan juga anaknya, Novia Soewitomo, mereka belum memberikan komentar atau jawaban apapun soal hal ini. 

Banyak netizen mengucapkan terima kasih atas dedikasi sang Ratu Boga itu untuk kuliner Indonesia.

"Bu Sisca gantung panci :") makasiii ibu untuk semua ilmu masak-masaknya," tulis akun @InNath.

Infografis Sisca SoewitomoFoto: Astari Kusumawardhani
Infografis Sisca Soewitomo

Sebagian lain justru menanggapi unggahan itu dengan canda.

"Iyaa bu, kalo sudah dicuci emang harusnya digantung biar rapi," komentar salah satu netizen di Instagram Sisca.

Netizen lain juga membagikan kisahnya saat menyaksikan Sisca memasak di televisi.

"Bagaimana pemirsa? Mudah bukan membuatnya"

Dulu SD tiap sabtu pulang sekolah jam 9/ 10 pagi karena ekstra doang enggak ada pelajaran. Sampe rumah nonton tv gada acara menarik, akhirnya selalu nonton acara masaknya bu sisca di Indosiar kalo gak TPI, sambil nunggu film di RCTI entar siangnya :(," tulis akun @hotdingin.

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]