7 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 09:44 WIB
Ketika mengonsumsi makanan, selain karbohidrat, protein adalah kandungan yang harus diperhatikan. Berikut jenis makanan yang banyak mengandung protein. Ketika mengonsumsi makanan, selain karbohidrat, protein adalah kandungan yang harus diperhatikan. Berikut jenis makanan yang banyak mengandung protein.(Istockphoto/kajakiki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketika mengonsumsi makanan, selain karbohidrat, protein adalah kandungan yang harus diperhatikan.

Asupan protein dibutuhkan untuk membentuk sel-sel tubuh, organ, otot, kulit, dan juga hormon. Tubuh Anda membutuhkan protein untuk memelihara dan memperbaiki jaringan. Sedangkan anak-anak membutuhkannya untuk tumbuh kembang.

Mengutip Healthline, studi juga menunjukkan bahwa asupan protein bisa membantu menurunkan berat badan dan lemak perut sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot Anda. Konsumsi makanan yang banyak mengandung protein juga disarankan untuk pria yang ingin membentuk ototnya.


Pola makan yang tinggi protein juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, melawan diabetes. Reference Daily Intake (RDI) untuk protein adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria.

Berikut beberapa makanan yang banyak mengandung protein tinggi.

1. Telur

Ilustrasi telur mata sapiFoto: Foodies Feed
Ilustrasi telur mata sapi


Sebutir telur adalah makanan yang banyak mengandung protein dan menyehatkan. Telur adalah sumber makanan baik yang mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang bisa melindungi mata dan nutrisi otak yang diperlukan tubuh.

Sebutir telur utuh mengandung protein tinggi, namun putih telur nyaris hanya mengandung protein. Oleh karenanya, bagi yang ingin membesarkan otot, disarankan untuk mengonsumsi putih telur.

Kandungan protein dalam telur mencapai 33 persen dari kalori total. Sebutir telur berukuran besar mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Almond

Ilustrasi Kacang AlmondFoto: Pezibear/Pixabay
Ilustrasi Kacang Almond


Kacang ini mengandung nutrisi penting untuk tubuh termasuk serat, vitamin E, mangan, dan magnesium. Dalam 28 gram almond mengandung 6 gram protein dan 164 kalori.

3. Dada ayam

Grilled chicken fillets on slate plate. Gray concrete backgroundFoto: Istockphoto/vkuslandia
ilustrasi dada ayam

Makanan ini adalah salah satu makanan yang paling populer dikenal mengandung banyak protein. Jika Anda menyantapnya tanpa kulit, maka sebagian besar kalori yang terkandung berasal dari protein. Satu ekor ayam, bagian dada tanpa kulit mengandung 53 gram protein dan 284 kalori.

4. Oat 

Ilustrasi Makanan SehatFoto: Unsplash/Pixabay
Ilustrasi oat

Makanan yang satu ini dikenal sebagai makanan diet. Namun sebenarnya makanan ini mengandung banyak serat sehat, magnesium, thiamin (vitamin B1), protein, dan nutrisi lainnya. Satu cup oat mengandung 11 gram proteind an 307 kalori.

5. Greek yogurt 

Ilustrasi granola dan buah-buahanFoto: Jamie Hamel-Smith
Ilustrasi yogurt

Jika Anda pencinta yogurt, maka varian greek yogurt yang lebih kental bisa menjadi sumber protein yang baik. Namun ketika memilih yogurt, pilihlah yang tawar alias tak mengandung gula. Dalam 170 gram greek yogurt mengandung 17 gram protein dan 100 kalori.

6. Susu 

Ilustrasi SusuFoto: Daria-Yakovleva/Pixabay
Ilustrasi Susu

Susu merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, dan riboflavin (vitamin B2). Jika Anda tak bisa mengonsumsi susu sapi maka susu kedelai juga sumber protein yang baik.

7. Udang 

Ilustrasi hidangan udangFoto: morgueFile/Oleander
Ilustrasi hidangan udang

Jenis boga bahari yang satu ini biasanya banyak disukai orang. Bukan cuma rasanya yang enak dan gurih, tapi udang memiliki banyak nutrisi seperti selenium dan vitamin B12. Selain itu, seperti halnya ikan, udang juga mengandung omega-3. Sekitar 85 gram mengandung 20 gram protein dan 84 kalori.

(chs)

[Gambas:Video CNN]