Sneaker Michael Jordan Terjual Rp9,1 Miliar

tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 19:50 WIB
Sepasang sepatu olahraga Michael Jordan dijual seharga U$615 ribu (Rp9,1 miliar), kata rumah lelang Christie. Sepasang sepatu olahraga Michael Jordan dijual seharga U$615 ribu (Rp9,1 miliar), kata rumah lelang Christie.(Getty Images/stockelements)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sepasang sepatu olahraga Michael Jordan dijual seharga U$615 ribu (Rp9,1 miliar), kata rumah lelang Christie pada hari Kamis (13/8). Harga ini memecahkan rekor yang dibuat hanya beberapa bulan yang lalu dengan penjualan sepasang sepatu legenda bola basket lainnya.

Sepatu kets itu adalah sepasang Air Jordan 1 High yang dipakai megastar NBA selama pertandingan eksibisi 1985 di Italia ketika dia melakukan dunk bola begitu keras hingga menghancurkan kaca papan belakang.

"Ini adalah sepatu asli dengan bagian papan belakang yang sebenarnya, sepotong kaca, di sol sepatu," kata Caitlin Donovan, kepala penjualan tas tangan dan sepatu di Christie's - yang menyelenggarakan lelang dengan Stadium Goods dikutip dari AFP.


Jordan mengumpulkan 30 poin saat mengenakan sepatu ukuran 13,5, yang berwarna merah dan hitam dari tim Chicago Bulls miliknya.

Meskipun penjualan tersebut memecahkan rekor yang dibuat pada bulan Mei ketika sepasang Air Jordan 1 terjual seharga U$560 ribu (Rp8,3 miliar), lelang baru berakhir di bawah kisaran perkiraan U$650 ribu (Rp9,6 miliar) dan U$850 ribu (Rp12,6 miliar).

TORONTO, ON - FEBRUARY 14: NBA hall of famer and Charlotte Hornets owner Michael Jordan walks off the court during the NBA All-Star Game 2016 at the Air Canada Centre on February 14, 2016 in Toronto, Ontario. NOTE TO USER: User expressly acknowledges and agrees that, by downloading and/or using this Photograph, user is consenting to the terms and conditions of the Getty Images License Agreement.   Elsa/Getty Images/AFPFoto: Elsa/Getty Images/AFP
Michael Jordan

Rekor menyoroti nilai pasar yang melonjak dari benda yang berhubungan dengan pensiunan superstar bola basket sejak rilis "The Last Dance," sebuah dokumenter ESPN / Netflix yang menceritakan kisah Jordan dan Chicago Bulls-nya.

Ini juga menegaskan bahwa sneaker sekarang memiliki tempat kebanggaan di dunia kolektor kaya di samping barang koleksi yang lebih tradisional.

(chs)

[Gambas:Video CNN]