7 Makanan Terbaik untuk Proses Penyembuhan Penyakit

Tim, CNN Indonesia | Senin, 24/08/2020 19:11 WIB
Jenis makanan tertentu berfungsi baik membantu proses pemulihan atau penyembuhan dari penyakit dengan meredakan peradangan hingga meningkatkan imunitas. Ilustrasi: Telur adalah salah satu dari beberapa jenis makanan yang berfungsi baik untuk membantu proses pemulihan atau penyembuhan dari penyakit. Kandungan protein yang tinggi dalam telur jadi pilihan tepat untuk pemulihan, selain juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka. (Foto: Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Beberapa makanan dapat membantu proses penyembuhan dari penyakit maupun setelah operasi. Makanan-makanan ini dapat meredakan peradangan, luka, infeksi, dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Umumnya makanan ini kaya akan vitamin dan mineral sumber antioksidan, protein, dan lemak sehat yang dapat menyediakan energi untuk pemulihan. Mengonsumsi makanan-makanan ini dapat membantu tubuh sembuh lebih cepat.

Berikut 7 makanan terbaik untuk penyembuhan dari penyakit.


1. Sayuran hijau

Aneka sayur berdaun hijau seperti kangkung dan bayam memiliki khasiat meredakan peradangan, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan fungsi kekebalan. Sayur berdaun hijau mengandung vitamin C, mangan, magnesium, dan folat yang tinggi. Nutrisi ini penting untuk pemulihan.

Studi menunjukkan sayuran hijau merupakan pilihan terbaik saat pemulihan pasca tindakan bedah.

2. Telur

Pada proses penyembuhan terutama setelah operasi, tubuh membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan saat hari-hari biasa. American Society for Enhanced Recovery merekomendasikan 1,5-2 gram protein per kg berat badan setelah operasi.

Kandungan protein yang tinggi dalam telur membuatnya menjadi pilihan tepat untuk pemulihan. Telur juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menyembuhkan luka.

3. Salmon

Ilustrasi Hidangan Daging SalmonIlustrasi: Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu menyembuhkan luka, meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan inflamasi. (Foto: Jakub Kapusnak/FoodiesFeed)

Ikan salmon juga tinggi akan protein, vitamin B, selenium, zat besi, dan asam lemak omega-3. Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan asam lemak omega-3 dapat membantu menyembuhkan luka, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meredakan inflamasi.

Konsumsi ikan salmon bakal membantu tubuh Anda pulih lebih cepat.

4. Buah beri

Berbagai buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry baik untuk masa penyembuhan. Keluarga buah beri kaya akan vitamin C yang dapat mempercepat pemulihan. Buah ini juga dapat menstimulasi produksi kolagen yang dapat membentuk sel baru lebih cepat.

Buah beri juga tinggi antioksidan yang dapat memiliki sifat anti-inflamasi, antivirus, dan mendukung imunitas.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga baik dikonsumsi dalam proses pemulihan. Kelompok makanan ini kaya akan vitamin E yang berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan kerusakan sel dari radikal bebas.

Vitamin E ini juga dapat melindungi sel dan mencegah berbagai infeksi dan penyakit kambuh lagi.

6. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang tinggi karbohidrat sehat dan baik untuk pemulihan. Jenis umbi-umbian ini mampu menyediakan energi yang hilang selama sakit. Selain itu enzim yang terdapat dalam ubi jalar mampu membantu penyembuhan luka yang meradang.

Studi mendapati asupan karbohidrat yang tidak memadai dapat mengganggu penyembuhan luka dan memperlambat pemulihan.

7. Kerang

Kerang juga tinggi nutrisi sehingga baik untuk proses pemulihan. Kerang merupakan sumber yang baik untuk seng dan nutrisi penting untuk penyembuhan.

Seng merupakan mineral yang membantu penyembuhan luka dan juga meningkatkan imunitas tubuh.

Enam buah kerang ukuran sedang dapat memberikan 300 persen kebutuhan harian seng.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK