Doa untuk Orang yang Meninggal Dunia

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2020 21:02 WIB
Kepergian orang yang Anda kenal ataupun anggota keluarga untuk selama-lamanya hendaknya diiringi dengan doa. Berikut doa untuk orang yang meninggal dunia. Ilustrasi: Kepergian orang yang Anda kenal ataupun anggota keluarga untuk selama-lamanya hendaknya diiringi dengan doa. Berikut doa yang bisa dipanjatkan untuk orang yang meninggal dunia. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Alih-alih larut dalam kesedihan, ada baiknya kepergian orang terkasih atau anggota keluarga juga tak lupa diiringi dengan doa. Doa untuk orang yang meninggal dunia merupakan hadiah terbaik untuk mengantarkan mereka memasuki alam kubur dan akhirat

Bagi umat Islam, terdapat sejumlah doa yang dapat dipanjatkan kepada Allah SWT, untuk orang yang meninggal dunia.

Berikut doa untuk orang yang meninggal dunia.


1. Ucapan Innalillahi

Saat mendengar kabar kematian seseorang, umat Islam dianjurkan untuk melafalkan bacaan Istirja Innalillahi. Kalimat ini merupakan doa saat seseorang tertimpa musibah.

إنّاَ للهِ وإنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun.

Artinya:

Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali.

2. Mengirimkan Al Fatihah

Seseorang juga dapat mengirimkan bacaan surat Al Fatihah untuk seseorang yang telah meninggal dunia. Surat Al Fatihah merupakan pembuka Alquran yang berisi doa yang baik untuk orang yang meninggal dunia.

Berikut bacaan surat Al Fatihah:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada-Mu kami menyembah. Hanya kepada-Mu pula kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Kau anugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat. Semoga Kau kabulkan permohonan kami. Aamiin.

2. Doa untuk ahli kubur

Setelah membaca Al Fatihah, doa untuk orang yang meninggal dunia dapat dilanjutkan dengan membacakan doa untuk ahli kubur. Doa ini juga dibacakan dalam salat jenazah.

اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Allaahummagh firlahu warhamhu wa'aafihi wa' fuanhu

Artinya:

Ya Allah, ampunilah dirinya, kasihanilah dirinya, afiatkan dirinya, dan maafkanlah dirinya.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]