Tips Memilih Sabun Mandi Tepat Sesuai Jenis Kulit

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 30/08/2020 02:35 WIB
Memilih sabun di tengah masa pandemi Covid-19 ini bukan hanya perkara antibakteri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun mandi. Ilustrasi: Memilih sabun di tengah masa pandemi Covid-19 ini bukan hanya perkara antibakteri. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sabun mandi. (Foto: iStockphoto/liza5450)
Jakarta, CNN Indonesia --

Seperti memilih sabun pencuci muka, memilih sabun mandi juga perlu mempertimbangkan kondisi kulit. Sebab jika tidak, salah-salah justru bakal merusak lapisan alami kulit Anda.

Apalagi, selama pandemi Covid-19 boleh jadi aktivitas yang tergolong kerap dilakukan selain cuci tangan, adalah mandi. Terlebih jika memang Anda terpaksa keluar rumah karena kewajiban bekerja. Demi memastikan kebersihan badan, pilihan sabun mandi seringkali jatuh pada sabun dengan 'embel-embel' antibakteri.

Padahal selain antibakteri, ada beberapa faktor lain yang penting diperhatikan ketika memilih sabun mandi. Misalnya soal jenis sabun mandi, di pasaran terdapat beragam tawaran mulai dari body wash, shower gel dan bar soap alias sabun batangan. Dilihat dari bentuk, hanya sabun batangan yang padat, sedangkan shower gel dan body wash berupa cairan.


Sekilas, ketiganya sama-sama digunakan pada badan. Tapi ada perbedaan mendasar yang perlu Anda perhatikan.

Sabun batangan merupakan sabun yang cepat berbusa dan mudah dibilas. Kadang sabun ini meninggalkan rasa kesat di kulit dan dianggap lebih bersih daripada sabun cair yang membuat kulit licin.

"Sabun batangan memiliki alkali pH tinggi yang bisa merusak lapisan alami kulit dan mengikis minyak alaminya," ujar Marisa Garshick, ahli dermatologi yang berbasis di New York City mengutip dari Byrdie.

Shower gel memiliki bentuk cair dan biasanya kental. Seperti sabun batangan, shower gel juga bisa membuat kulit dehidrasi. Kandungan parfumnya lebih banyak daripada body wash sehingga bisa menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.

Sementara Body wash dinilai yang paling menghidrasi dan mampu melembapkan buat kulit. Teksturnya lebih ringan daripada shower gel.

Berikut tips memilih sabun mandi yang tepat berdasar jenis kulit.

Kulit kering dan sensitif

Jika Anda memiliki kulit kering dan cenderung sensitif, sebaiknya pilih sabun mandi jenis body wash. Body wash cenderung lebih lembut dan memiliki formula yang lebih melembapkan. Baik Gashick maupun sesama ahli dermatologi, Kaylan Pustover, merekomendasikan body wash dengan kandungan ceramide, hyaluronic acid dan glycerin. Kemudian jika kulit benar-benar sensitif, pilih body wash yang sama sekali tidak mengandung parfum.

Kulit berminyak

Tipe kulit berminyak tidak perlu khawatir menggunakan sabun batangan atau shower gel. Keduanya bisa digunakan tanpa takut kulit jadi kering. Jika Anda juga mengalami masalah kulit seperti jerawat pada bagian tubuh semisal punggung, pertimbangkan untuk memilih shower gel dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide.

Sementara itu jika Anda memang lebih memilih body wash tapi kulit rentan berjerawat, Garshick merekomendasikan untuk produk yang 'non-comedogenic' atau 'oil free'. "Ini untuk mencegah pori tersumbat dan membuat jerawat tambah parah," imbuh dia lagi.

Kulit normal

Kulit yang cenderung seimbang atau normal lebih mudah dalam menentukan pilihan sabun mandi. Namun yang terbaik, pilih sabun yang tidak mengikis minyak atau kelembapan alami kulit.

"Pilihan terbaik selalu gunakan pembersih yang memang membersihkan secara keseluruhan, sehingga kulit terasa bersih tapi tidak meninggalkan rasa kering atau kencang pada kulit," kata Garshick.

(els/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK