7 Kebun Teh di Jawa Barat untuk Pemburu Pemandangan Hijau

CNN Indonesia
Senin, 31 Aug 2020 17:18 WIB
Kebun teh juga layak disambangi oleh turis yang ingin wisata alam bersama keluarga. Kebun teh Rancabali bisa menjadi pilihan wisata alam untuk staycation pada akhir pekan ini. (iStockphoto/CreativaImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wisata di kebun teh Gunung Mas sudah sangat populer di kalangan turis Indonesia. Tapi tahukah Anda, bahwa sebenarnya masih banyak lagi kebun teh yang bisa disambangi di Jawa Barat?

Bagi yang ingin berwisata di kebun teh pada akhir pekan mendatang, berikut beberapa rekomendasi lokasinya:

1. Kebun Teh Cianten

Berlokasi di kaki Gunung Halimun, kebun teh ini merupakan peninggalan penjajah Belanda. Ada terowongan kuno yang menjadi spot berfoto favorit para turis yang datang ke sini.


Kalau tak takut dengan ketinggian, silakan naik gardu pandangnya untuk menikmati pemandangan kota dari atas.

[Gambas:Instagram]

2. Kebun Teh Malabar

Kebun Teh MalabarKebun teh Malabar. (DANIEL JULIE via Wikimedia Commons (CC-BY-2.0))

Kebun teh ini berada di kawasan Pangalengan. Tak hanya hamparan tumbuhan teh yang bisa dinikmati saat datang ke sini, karena turis bisa juga menyambangi Observatorium Bosscha, atau Pabrik Teh Malabar.

3. Kebun Teh Rancabali

Beautiful landscape of tea plantation with mist at morning time in Bandung, IndonesiaKebun Teh Rancabali. (iStockphoto/CreativaImages)

Melaju ke kawasan Ciwidey, ada kebun teh yang medannya berbukit ini. Berada di pinggir jalan, tentu saja lokasinya tak sulit ditemukan.

Kalau belum lelah usai berkeliling kebun teh, silakan mendaki menuju air tejun kecilnya.

4. Kebun Teh Gunung Ciliwung

Perlu tenaga untuk naik susunan tangga untuk sampai ke hamparan kebun teh yang berada di Bogor ini. Setelah sampai di puncak bukitnya, turis bisa memandangi panorama alam yang berpadu dengan pemukiman penduduk di sekitarnya.

5. Kebun Teh Kecapi

Kawasan Tasikmalaya juga punya kebun teh yang menawarkan suasana teduh dan tenang bagi turis yang ingin meninggalkan sejenak ruwetnya atmosfer perkotaan.

Di sekitar kebun teh ini juga tersedia tempat wisata bagi turis, sehingga acara kongko di pagi atau sore hari tetap nyaman.

Sejumlah wisatawan menikmati kawasan kebun teh di Aie Batumbuk, Solok, Sumatera Barat, Minggu (1/4). Kawasan agrowisata andalan Sumbar itu menjadi lokasi favorit wisatawan menghabiskan akhir pekan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/pras/18Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

6. Kebun Teh Cibeber

Tak kalah dengan kebun teh yang berada di Bogor atau Bandung, kawasan Cibeber yang masuk Banten juga punya objek wisata alam kebun teh yang bisa disambangi untuk staycation bersama keluarga atau teman-teman.

Kabarnya, pemandangan matahari terbenam dari sini sangatlah menawan.

7. Kebun Teh Sukawana

Nama kawasan Parongpong mungkin terdengar asing bagi sebagain besar turis yang hanya mengenal kota Bogor atau Bandung saja di Jawa Barat.

Di sini ada kebun teh yang selain indah juga memiliki pemandangan khas ke Gunung Tangkuban Parahu dan Gunung Burangrang.

(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER