Cara dan Waktu yang Tepat Membersihkan Masker Kain

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/09/2020 09:10 WIB
Tak hanya ketepatan memakai dan melepas masker, cara membersihkan masker juga penting untuk memastikan pelindung mulut-hidung yang Anda pakai bebas kontaminasi. Ilustrasi: Bukan hanya ketepatan memakai dan melepas masker, cara membersihkan masker juga penting untuk memastikan pelindung mulut-hidung yang Anda pakai ini bebas dari kontaminasi virus, kuman dan bakteri. (Foto: Dok. Isla and Skye)
Jakarta, CNN Indonesia --

Masker kini menjadi perlengkapan wajib keseharian saat keluar rumah ketika pandemi virus corona. Itu sebab bukan tak mungkin Anda akan rutin mencuci dan mengeringkannya. Tak sekadar mencuci, cara membersihkan masker pun ada panduannya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menekankan pentingnya mencuci masker secara teratur. Selain itu, publik juga diingatkan untuk selalu memakai dan melepas masker dengan cara yang benar. Lalu, mencuci tangan setiap kali memegang atau menyentuh masker bekas.

Penutup mulut dan hidung tersebut kini jadi langkah tambahan untuk membantu memperlambat penyebaran virus penyebab Covid-19 di tengah wabah. Untuk memastikan masker higienis, berikut cara membersihkan masker kain dengan tepat.


Membersihkan masker dengan mesin cuci

Anda bisa memasukkan masker kain ke mesin pencuci biasa. Gunakan deterjen seperti biasa saat mencuci pakaian. Sesuaikan pengaturan air hangat dengan jenis kain bahan masker.

Ikuti prosedur membersihkan dengan mesin cuci sebagaimana mestinya.

Membersihkan masker dengan mencuci secara manual

Selain menggunakan mesin cuci, Anda juga bisa membersihkannya dengan mencuci atau menggosok menggunakan tangan. CDC merekomendasikan untuk menggunakan pemutih rumah tangga, tapi sebelum itu perhatikan beberapa hal.

Pertama, periksa terlebih dulu label kandungan untuk mengetahui apakah pemutih yang Anda pakai untuk desinfeksi. Sebab beberapa pemutih digunakan untuk keperluan warna pakaian, dan ini boleh jadi tak sesuai untuk fungsi desinfeksi.

Gunakan pemutih yang mengandung 5,25% hingga 8,25% natrium hipoklorit. Jangan gunakan produk pemutih jika persentasenya tidak dalam kisaran ini, atau tak ditentukan. Pastikan produk pemutih juga tak melewati tanggal kedaluwarsa.

Jangan pernah mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pastikan ventilasi pun memadai.

Infografis Serba-Serbi Masker Kain: Bahan, Aturan Pakai, Lepas, dan CuciFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Serba-Serbi Masker Kain: Bahan, Aturan Pakai, Lepas, dan Cuci

Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan lima sendok makan pemutih untuk satu galon atau satu bak air. Atau, empat sendok teh pemutih untuk satu liter air.

Rendam masker ke larutan pemutih setidaknya selama lima menit. Jika sudah, buang larutan pemutih ke saluran pembuangan dan bilas masker secara menyeluruh dengan air dingin. Pastikan masker benar-benar kering setelah dicuci

Cara Mengeringkan Masker

Ada dua cara untuk mengeringkan masker, bisa dengan pengering atau menjemurnya. Jika menggunakan pengering, gunakan pengaturan panas tertinggi dan biarkan masker sampai benar-benar kering.

Sementara jika dijemur, pastikan masker mendapatkan udara atau angin-angin secara merata, sampai betul-betul kering. Jika memungkinkan, letakkan matahari langsung di bawah sinar matahari.

Lantas, kapan harus membersihkan masker?

Dikutip dari laman Hopkins Medicine, Anda direkomendasikan untuk membersihkan masker setiap kali setelah pemakaian. Ini untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona atau kuman lain.

Yang penting, jika masker Anda lembab, basah, atau terlihat kotor maka saat itu juga adalah waktu yang tepat untuk mencucinya dan mengganti dengan masker baru.

Ingatlah bahwa masker Anda mungkin saja terkontaminasi, jadi jangan pernah menyentuh bagian depannya ketika melepasnya. Alih-alih menyentuh bagian depan, Anda bisa memegang tali masker untuk melepasnya, lalu simpan di kantong plastik atau area khusus, sebelum siap untuk dicuci. Dan, segera cuci tangan setiap kali usai menyentuh masker.

Selain memastikan ketepatan memakai dan melepas masker, cara membersihkan masker juga penting diperhatikan demi mengerem laju penyebaran virus penyebab Covid-19. Data yang dihimpun Johns Hopkins University hingga Selasa (1/9) menunjukkan, kasus positif Covid-19 secara global mencapai lebih 25 juta. Sementara angka kematian tercatat lebih 849 ribu kasus, dengan total kesembuhan lebih dari 16 juta pasien.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK