Kandungan Nutrisi Tauge dan Manfaatnya untuk Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 04/09/2020 19:00 WIB
Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan manfaatnya untuk kesehatan. Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi. ( CNN Indonesia/Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak kandungan nutrisi. Meski berukuran kecil, jenis sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat.

Tauge adalah bahan yang sangat umum dalam hidangan Asia seperti tumis, dan ada banyak varietas.

Penelitian menunjukkan bahwa bertunas sangat meningkatkan nilai gizi makanan tersebut dengan meningkatkan daya cerna dan kualitas nutrisi tertentu, seperti protein. Terlebih lagi, kecambah telah digambarkan sebagai pembangkit tenaga nutrisi dengan beberapa efek yang meningkatkan kesehatan


Tauge atau mung bean sprouts merupakan salah satu jenis tauge paling umum. Jenis kecambah ini berasal dari kacang hijau yang sebagian besar dibudidayakan di Asia Timur.

Varian tauge ini memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. Kandungan nutrisi dalam secangkir tauge atau 104 gramnya adalah 31 kalori, Karbohidrat 6 gram, protein: 3 gram, vitamin C: 15 persen angka kecukupan gizi (AKG), Folat: 16 persen dari AKG, Besi: 5 persen dari AKG.

Berkecambah akan meningkatkan kandungan flavonoid dan vitamin C kacang hijau masing-masing hingga 7 dan 24 kali lipat. Pada gilirannya, ini meningkatkan sifat antioksidannya. Mengutip Healthline, beberapa penelitian mengaitkan tauge dengan potensi manfaat antikanker dengan melawan radikal bebas.

Mi Kangkung si Jangkung, mi yang disajikan dengan kangkung dan tauge rebus dan kuah kaldu yang berisi ayam dan udang.Foto: Tri Wahyuni
ilustrasi hidangan tauge

Manfaat kesehatan tauge

Sebuah studi kecil jangka pendek tentang kecambah brokoli menemukan bahwa antioksidan mereka dapat menurunkan kolesterol total dan LDL (kolesterol jahat), dan secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL (baik) pada partisipan manusia. Dalam sebuah studi yang sedikit lebih besar yang diterbitkan pada tahun 2015 menemukan efek serupa pada kadar kolesterol pada penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi tauge.

Kandungan nutrisi tauge juga disebut bisa membantu mengurangi peradangan. Hanya saja, diperlukan lebih banyak penelitian di bidang ini, tetapi beberapa studi pendahuluan menunjukkan bahwa antioksidan dalam kecambah kacang hijau dapat memiliki beberapa efek anti-inflamasi yang kuat. Mengutip Very Well Fit, Mereka dapat berkontribusi pada pengobatan kanker, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan sepsis (peradangan tubuh yang serius dan sistemik).

Selain itu, menurut seksolog Boyke Dian Nugraha, konsumsi tauge juga bisa meningkatkan imunitas tubuh karena kandungan vitamin E di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam tauge, kata Boyke, juga disebut bisa meningkatkan kesehatan sperma pria.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK