7 Alasan Seseorang Bisa Jatuh Cinta pada Anda

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/09/2020 21:06 WIB
Sejumlah psikolog dan pakar mengidentifikasi tujuh alasan yang membuat seseorang jatuh cinta pada Anda. Ilustrasi. Sejumlah psikolog dan pakar mengidentifikasi tujuh alasan yang membuat seseorang jatuh cinta pada Anda. (Pixabay/Picography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cinta tak datang begitu saja. Ada sejumlah alasan yang membuat seseorang jatuh cinta kepada Anda. Seringkali alasan-alasan ini datang dari hal sederhana hingga hal-hal yang tak masuk akal.

Bisa jadi karena Anda menarik, lucu, atau cerdas. Bisa jadi pula Anda mengingatkan si dia pada orang yang dicintainya, seperti mantan atau anggota keluarga yang telah meninggal.

Namun, cinta jauh lebih dalam daripada itu. Sejumlah psikolog dan pakar cinta mengidentifikasi tujuh alasan mengapa seseorang jatuh cinta pada seseorang. Berikut tujuh alasan seseorang jatuh cinta pada Anda.


1. Efek eksposur atau paparan

Psikolog Madeleine Mason-Roantree menjelaskan terdapat alasan exposure effect atau efek paparan yang membuat seseorang jatuh cinta. Semakin sering bertemu, berpapasan, atau melihat orang tersebut, semakin meningkatkan peluang seseorang untuk jatuh cinta.

"Ini menjelaskan mengapa seseorang baru menyukai sebuah lagu setelah mendengarnya beberapa kali, meskipun pada awalnya tidak menyukainya. Cukup dengan sering berpapasan dengan seseorang, misalnya di supermarket atau lewat di jalan, dapat memicu ketertarikan," kata Mason-Roantree, dikutip dari The Independent.

2. Gestur kecil

Jangan abaikan tindakan atau gestur kecil yang dilakukan. Seseorang bisa jatuh cinta pada Anda jika Anda kerap melakukan hal-hal kecil. Misalnya, mengingat tanggal lahir atau mengingat menu favoritnya.

Hal-hal kecil yang terus dilakukan secara konsisten itu dapat membuat seseorang jatuh cinta.

"Seseorang mungkin akan terkejut dengan seberapa konsisten Anda menunjukkan kasih sayang, dan akibatnya mungkin jatuh cinta," kata pakar cinta dari Match, Hayley Quinn.

3. Memberikan dukungan

Memberikan dukungan kepada seseorang seperti berada di dekat mereka dapat membuat cinta tumbuh bersemi.

"Anda mungkin bisa membuat seseorang jatuh cinta kepada Anda karena dukungan yang Anda tawarkan," ucap Quinn.

4. Kemandirian

Saling ketergantungan dapat membangun hubungan. Akan tetapi, kemandirian kerap menjadi awal ketertarikan seseorang. Kemandirian dapat menunjukkan Anda merupakan orang yang memiliki pendirian.

Ilustrasi bersantai dengan pasanganIlustrasi. Secara psikologis, ada beberapa alasan yang bisa membuat seseorang jatuh cinta. (Viktor Hanacek/Picjumbo)

5. Mengingatkan pada seseorang yang dekat

Cinta juga bisa tumbuh karena Anda mengingatkan si dia pada orang yang dekat dengannya. Mason-Roantree menjelaskan, hal ini dapat membuat seseorang merasa lebih aman dan nyaman karena merasa sudah familiar.

"Kami menemukan keakraban ini menarik dan dapat memicu perasaan romantis. Jika Anda memiliki ciri-ciri atau tingkah laku yang mirip dengan seseorang di masa lalu mereka, kemungkinan besar mereka akan merasa tertarik pada Anda," ucap Mason-Roantree.

6. Gembira

Orang juga bisa jatuh cinta karena merasa nyaman, gembira, atau menimbulkan rasa bahagia saat berada di dekat Anda. Coba-lah untuk terus membuat mereka senang di dekat Anda dan cinta bakal tumbuh dengan sendirinya.

"Sikap positif, keceriaan, dan kemampuan untuk mengatasi hari yang buruk, semuanya dapat membuat seseorang lebih ingin berada di dekat Anda," ucap Quinn.

7. Cara memperlakukan orang lain

Cara Anda memperlakukan orang lain di sekitar Anda juga membuat si dia jatuh hati. Misalnya, kesopanan pada orang tua dan baik pada anak-anak dapat membuat mereka terkesan.

"Seseorang yang jatuh cinta tidak fokus pada penampilan yang dangkal, tetapi sangat fokus pada bagaimana Anda terlibat dengan orang-orang di sekitar Anda," ujar Quinn.

Anda dapat memanfaatkan tujuh alasan ini untuk membuat seseorang jatuh cinta kepada Anda.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK