Kenali Penyebab Biduran pada Kulit

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 10/09/2020 14:25 WIB
Penyebab biduran pada kulit umumnya terjadi karena reaksi tubuh terhadap alergen dan beberapa alasan yang tak diketahui. Penyebab biduran pada kulit umumnya terjadi karena reaksi tubuh terhadap alergen dan beberapa alasan yang tak diketahui. (iStockphoto/Piyapong Thongcharoen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Biduran adalah munculnya bengkak, benjolan merah, atau plak pada kulit. Biduran disebut juga dengan alergi. Penyebab biduran pada kulit umumnya karena reaksi tubuh terhadap alergen atau pemicu alergi dan bisa juga karena alasan yang tak diketahui.

Dalam istilah medis, biduran dikenal juga dengan urtikaria. Biduran biasanya menyebabkan gatal, rasa terbakar, dan perih. Biduran dapat muncul di mana saja di seluruh tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, tenggorokan, atau telinga.

Ukuran biduran pada kulit juga sangat beragam, mulai dari kecil hingga besar. Biduran dapat bertahan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.


Menurut NHS, biduran terjadi karena sesuatu yang dikonsumsi atau disentuh menyebabkan kulit melepaskan histamin tinggi dan bahan kimia lain. Reaksi ini menyebabkan ruam dan gatal-gatal.

Penyebab biduran sangat beragam, personal, dan berbeda pada setiap orang.

Berikut penyebab biduran pada kulit yang paling umum.

1. Makanan seperti kacang, seafood dll

2. Serbuk sari dan tumbuhan

3. Gigitan dan sengatan serangga

4. Bahan kimia

5. Getah

6. Tungau debu

7. Suhu udara tertentu, panas atau dingin

8. Sinar matahari, olahraga, atau air

9. Obat-obatan

10. Stres

Biduran dapat disembuhkan dengan mengonsumsi obat tertentu yang diresepkan oleh dokter. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki biduran atau alergi di kulit.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA