Studi Awal: Jus Tanin Kesemek Diklaim Lemahkan Virus Corona

tim | CNN Indonesia
Jumat, 18 Sep 2020 08:07 WIB
Peneliti di Nara Medical University menemukan kandungan tanin dalam jus buah kesemek bisa membuat virus corona hampir tak berbahaya. Peneliti di Nara Medical University menemukan kandungan tanin dalam jus buah kesemek bisa membuat virus corona hampir tak berbahaya.( iStockphoto/Olga Guchek)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peneliti di Nara Medical University di Jepang menemukan bahwa kandungan tanin dalam jus buah kesemek dalam dosis tertentu yang sangat terkonsentrasi bisa membuat virus corona hampir tak berbahaya.

Tanin adalah senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Senyawa ini memiliki rasa pahit dan kelat di mulut. Tanin bisa bereaksi dengan menggumpalkan protein dan berbagai senyawa organik lain termasuk asam amino dan alkaloid.

Mereka mengujinya dengan mencampurkan virus corona, air liur, dan jus tanin kesemek, lalu mendiamkannya selama 10 menit. Setelah 10 menit berlalu, virus telah didetoksifikasi.

Namun, ada batasannya. Ini bukan jus dari sembarang kesemek tua, dan harus disiapkan dengan cara tertentu. Campuran yang digunakan dibuat dengan terlebih dahulu membuat jus astringent atau kesemek mentah, memfermentasi, dan melakukan proses aging.

Namun jangan buru-buru membeli kesemek dan memborongnya. Karena, mengutip Japan Today, hanya makan buah yang matang tidak akan menghasilkan apa-apa.

Selain itu, uji coba dan penelitian ekstensif masih perlu dilakukan untuk mengetahui potensi dan waktu yang tepat yang diperlukan untuk menyembuhkan COVID-19 dengan menggunakan berbagai jenis obat, herbal, termasuk tanin kesemek ini.

Cuci tangan dengan sabun, memakai masker, meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dan menjaga jarak sosial masih menjadi cara pencegahan pencegahan virus corona yang paling ampuh. Sementara proses pembuatan vaksin virus corona masih butuh banyak waktu, berbagai universitas dan badan penelitian di seluruh dunia masih berjuang untuk menemukan kemungkinan penyembuhan dan pengobatan virus yang sudah menyebabkan banyak nyawa melayang di seluruh dunia ini.

Sampai saat ini belum ada obat-obatan yang diklaim ampuh dan berhasil untuk menyembuhkan penyakit Covid-19. Vaksin dari berbagai penelitian juga masih belum ditemukan. Sehingga cara paling efektif yang bisa dilakukan agar tak terinfeksi virus corona adalah dengan metode pencegahan. Jangan lupa untuk konsumsi makanan bergizi dan rajin berolahraga serta berjemur. 

Disclaimer: penelitian ini masih membutuhkan kajian lebih lanjut dan mendalam sebelum bisa ditetapkan sebagai obat untuk mengatasi infeksi corona. WHO dan kemenkes hingga saat ini belum merekomendasikan obat tertentu untuk penyembuhan Covid-19.Foto: CNN Indonesia/Timothy Loen
Disclaimer:

(chs/chs)


[Gambas:Video CNN]
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER