Studi: Perempuan Tunjukkan Rasa Suka Lewat 3 Ekspresi Wajah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/09/2020 22:33 WIB
Studi terbaru menemukan ekspresi wajah pada perempuan yang menandakan rasa suka pada lawan bicara saat berbicara lewat video call. Ilustrasi. Studi terbaru menemukan ekspresi wajah pada perempuan yang menandakan rasa suka pada lawan bicara. (Istockphoto/Getty Images/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kencan jadi sesuatu yang hampir mustahil dilakukan selama pandemi. Sebagai gantinya, berbagai aplikasi video hadir sebagai solusi. Dengan begitu, Anda harus pintar menerka ekspresi wajah untuk mengetahui ekspresi perasaan si dia.

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal Sex Research menemukan ada beberapa ekspresi wajah yang spesifik memberikan informasi apakah seseorang menyukai Anda.

"Tak hanya mengidentifikasi ekspresi yang menggoda, tapi kami juga bisa mengungkap fungsinya, yakni untuk mengaktifkan sesuatu yang berhubungan dengan relasi dan seks," kata Omri Gillath, salah satu peneliti sekaligus profesor psikologi di University of Kansas, mengutip dari Cosmopolitan.


Peneliti menggunakan Facial Action Coding System (FACS) untuk mengklasifikasikan morfologi dari ekspresi wajah perempuan yang menandakan godaan dan rasa suka. 

Hasilnya, ada tiga ekspresi wajah yang menandakan seorang perempuan menyukai Anda yakni, kepala menoleh ke samping dan agak menunduk, senyum tipis, dan mata tertuju pada 'target'.

Hanya saja, tidak semua pria bisa membaca makna ekspresi ini. Gillath memberikan contoh, sebagian pria tidak menganggap senyuman sebagai tanda rasa suka dan bentuk menggoda.

"Morfologinya unik dan berbeda dari ekspresi dengan tampilan serupa. Contohnya, tersenyum. Tapi ini tidak dianggap sebagai tanda menggoda oleh pria," jelas Gillath.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]