Janda Bolong dan Jenis Tanaman Monstera Lainnya yang Memikat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 25/09/2020 19:42 WIB
Selain janda bolong, ada beberapa jenis tanaman Monstera lainnya yang tak kalah memikat. Ilustrasi. Selain janda bolong, ada beberapa jenis tanaman Monstera lainnya yang tak kalah memikat. (istockphoto/FeelPic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias janda bolong yang sedang naik daun merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Monstera. Selain janda bolong, ada beberapa jenis tanaman Monstera lainnya yang tak kalah memikat.

Berkat pandemi, banyak pecinta tanaman hias rela merogoh kocek dalam-dalam hingga puluhan juta rupiah, termasuk untuk di janda bolong. Tanaman dengan nama latin Monstera adansonii ini punya keunikan, yakni daun dengan lubang-lubang yang terbentuk alami.

Mengutip Monstera Plant Resource, janda bolong memiliki ukuran daun yang relatif lebih kecil dari saudara-saudaranya. Akan tetapi, tak cuma janda bolong, sederet tanaman Monstera lainnya juga memiliki daun-daun yang memikat.


Berikut jenis tanaman Monstera, selain janda bolong.

1. Monstera deliciosa

Monstera deliciosa atau Monstera King bisa tumbuh dengan daun ukuran yang sangat besar. Penampakan daun terlihat unik dengan lubang-lubang mini di sekitar tulang daun, lengkap dengan belahan di tepinya. Monstera satu ini cukup banyak ditemui di pasaran.

2. Monstera borsigniana

Hati-hati, tanaman satu ini kerap disalahartikan sebagai Monstera deliciosa. Padahal, keduanya adalah tanaman yang berbeda.

Salah satu cara untuk membedakan keduanya adalah dengan memperhatikan bagian batang. Pada batang Monstera deliciosa terdapat sejenis 'ruffle' yang terhubung dengan daun, sedang Monstera borsigniana tidak.

Selain itu, bentuk lubang pada Monstera bordigniana juga umumnya terlihat rapi dalam dua baris. Sedangkan lubang pada daun Monstera deliciosa umumnya terlihat tidak beraturan.

3. Monstera siltepecana

Tak kalah seksi dengan 'janda bolong', Monstera siltepecana juga menawarkan lubang-lubang menawan. Namun, mengutip Exotic Rain Forest, tanaman ini baru memperlihatkan lubang-lubangnya saat berusia dewasa. Saat tanaman belum dewasa, daun akan tampak solid dan memanjang.

Dari segi warna, Monstera siltepecana ini akan memiliki daun yang kebiruan dan menjadi hijau gelap saat dewasa. Pada habitat aslinya, Monstera siltepecana tumbuh menjalar dan 'memeluk' pohon besar.

4. Monstera obliqua

Jenis satu ini mungkin bisa terbilang langka. Tampilannya mirip dengan 'janda bolong'. Bedanya, lubang-lubang pada daun bisa memenuhi 90 persen bagian daun. Tekstur daunnya yang tipis membuat tanaman ini begitu ringkih.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]