Ahli: Nyapu dan Ngepel Tak Termasuk 'Olahraga'

tim, CNN Indonesia | Selasa, 06/10/2020 07:05 WIB
Jangan lagi menyebut mengepel, cuci piring, menyapu, mencuci baju sebagai bagian dari olahraga Anda hari ini. Jangan lagi menyebut mengepel, cuci piring, menyapu, mencuci baju sebagai bagian dari olahraga Anda hari ini.(Pixabay/jarmoluk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sudahkah Anda berolahraga hari ini? Meski akhir pekan, Anda tak boleh absen berolahraga. Namun jangan lagi menyebut mengepel, cuci piring, menyapu, mencuci baju sebagai bagian dari olahraga Anda hari ini.

"Itu tidak termasuk olahraga, tapi aktivitas fisik," ungkap dokter kesehatan olahraga Michael Triangto saat dihubungi CNNIndonesia.com.

"Pertanyaannya sekarang apakah abang yang menarik becak sudah olahraga? Tidak, karena tidak ada program latihannya. Kecuali kalau abang becak itu setelah narik dia latihan kecepatan genjot becak karena mau ikut lomba balap becak."


Michael mengungkapkan ada beda mendasar antara aktivitas fisik dan juga olahraga. Aktivitas fisik merupakan bentuk kerja otot yang membutuhkan energi, misalnya menyapu atau mengepel. Sedangkan olahraga diartikan sebagai aktivitas fisik dengan program tertentu.

"Jadi pada intinya yang membedakan keduanya adalah program aktivitasnya yang mengikuti FITT."

FITT merupakan singkatan dari frequency, intensity, time, dan type.

Frequency (frekuensi) aktivitas fisik yang bisa digolongkan sebagai olahraga adalah yang memenuhi syarat dilakukan 3-5 kali seminggu minimal selama 30 menit.

"Dengan catatan gerakannya harus dilakukan berulang dan jarak waktu yang lama."

Sedangkan intensity atau intensitasnya harus dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang. Idealnya gerakan dihitung dengan menggunakan perhitungan 50-70 persen dari denyut nadi maksimal.

"Kalau tujuannya untuk menjaga kesehatan jantung, untuk tujuan jaga kesehatan jantung, maka denyut jantung harus 100-140 per menit," ucapnya.

"Jantung yang lebih sehat setelah olahraga teratur ditandai dengan denyut jantung yang melambat. Sebelum olahraga denyut jantung istirahat 90 denyut per menit, olahraga teratur, setelah 1 bulan dillihat denyut jantungnya turun. Denyut yang lebih lambat tapi volume darah yang dipompa akan lebih banyak, jadi jantung bekerja lebih efisien."

Sedangkan aturan olahraga sesuai syarat FITT setidaknya dilakukan selama 150 menit seminggu. Dengan perhitungan 3-5 kali seminggu selama minimal 30 menit.

Dan untuk aturan type atau tipe, olahraga terbagi antara aerobik dan anaerobik.

"Untuk jantung sehat, olahraganya harus aerobik, kalau mau tambahin anerobik, harus dilakukan dengan basic berat badan, misalnya push up atau angkat beban."

"Selain itu, tipe olahraganya juga harus melihat sesuai tujuannya. Kalau ingin turun berat badan, jangan olahraga naik turun tangga. Karena ini bisa membuat cedera kaki.)

Agar lebih mudah dilakukan, Michael menyarankan melakukan latihan sederhana di rumah selama PSBB virus corona.

"Ada penelitian dari Fukuoka, jalan cepat bolak-balik ke dinding itu cukup untuk meningkatkan kebugaran. Asal ada niat."

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK